facebook

Penting! Diskusikan 5 Hal Ini Bersama Pasangan Sebelum Merencanakan Kehamilan

Mutami Matul Istiqomah
Penting! Diskusikan 5 Hal Ini Bersama Pasangan Sebelum Merencanakan Kehamilan
Ilustrasi pasangan dan kehamilan (Freepik.com/jcomp)

Masa kehamilan dan membesarkan anak adalah sebuah perjalanan yang sangat penting dan harus dilakukan dengan cara yang terbaik. Maka dari itu, sangat penting untuk mendiskusikan dengan pasangan mengenai rencana kehamilan. 

Kehamilan yang direncanakan dengan baik akan memastikan kebutuhan anak dan ibu bisa tercukupi dengan baik. Bukan sekadar tentang sesuatu yang bisa dibeli dengan uang, namun juga secara mental dan kesiapan. 

Menjadi orang tua bukan perkara yang mudah, butuh pengorbanan dan harus bertanggung jawab. Maka dari itu, diskusikan 5 hal ini dengan pasangan sebelum melakukan program kehamilan.

1. Kebebasan pribadi

Bukan menakut-nakuti, namun setelah memiliki anak beberapa kebebasan pribadi memang menjadi terbatas. Misalnya, sebelum menikah kita bisa bebas untuk bertemu teman, bebas makan apapun, bebas melakukan apapun, namun setelah hamil dan memiliki anak, akan ada prioritas yang lain. Apakah kamu dan pasangan siap untuk itu? 

Nantinya, kamu akan terbatas untuk bertemu teman atau sekadar nongkrong sampai larut malam. Kamu memiliki tanggung jawab yang baru, yakni kesehatan dan seorang bayi. 

Jangan sampai nantinya kamu merasa menyesal telah hamil dan memiliki anak karena beberapa hal tidak bisa leluasa kamu lakukan. 

2. Kebiasaan buruk

Kamu dan pasangan juga harus mulai mempertimbangkan perihal bagaimana cara mengatasi atau menghilangkan kebiasaan buruk. Misalnya saja perokok atau senang minum alkohol. 

Ibu hamil, tidak boleh menghirup asap rokok. Hal tersebut akan sangat berbahaya bagi kehamilannya. Begitu juga bayi yang baru lahir, asap rokok menjadi momok yang menakutkan untuknya.

3. Kondisi finansial

Bagaimana kondisi finansialmu beberapa tahun ke depan? Kamu harus memastikan kondisi finansialmu sedang berada dalam titik yang aman. 

Jangan sampai kamu tidak mendapatkan nutrisi yang cukup ketika sedang hamil, pun juga dengan bayi yang kamu kandung. 

Bahkan setelah bayi lahir, banyak kebutuhannya yang harus terpenuhi. Semakin besar seorang anak, semakin besar pula biayanya. Kamu harus memastikan bahwa anakmu tidak akan kekurangan. 

4. Pola asuh anak

Pola asuh anak harus didiskusikan dengan pasangan sebelum merencanakan kehamilan agar ketika nanti anak tumbuh, kamu dan pasangan memiliki visi dan misi yang sama. 

Banyak terjadi pasangan berselisih paham perihal cara pengasuhan anak. Hal tersebut dilatarbelakangi kurangnya diskusi sebelum merencanakan kehamilan. 

5. Pekerjaan 

Kalau hamil, pekerjaan bagaimana? Jika kamu adalah seorang ibu pekerja, pekerjaan harus didiskusikan menjadi poin yang pertama. 

Kalau kariermu sedang bagus, apakah kamu rela meninggalkannya demi mengurus anak? Atau kamu rela kehilangan kebersamaan dengan anak dan mempercayakannya kepada tenaga pengasuh? 

Pastikan agar semua keputusan menjadi kesepakatan bersama untuk kamu dan pasangan. Hindari ego masing-masing dan teruslah memikirkan kepentingan dan kebaikan bersama. 

Itu dia 5 hal yang harus didiskusikan bersama pasangan sebelum merencanakan kehamilan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak