facebook

Bisa Meningkatkan Kesehatan Mental Inilah 6 Manfaat Mendengarkan Suara Alam

Dewi Maharani Bahtiar
Bisa Meningkatkan Kesehatan Mental Inilah 6 Manfaat Mendengarkan Suara Alam
ilustrasi mendengarkan suara alam (pexels.com/Riccardo)

Banyak orang yang merasa stres akhir-akhir ini. Menyebabkan kesehatan mentalnya tidak baik-baik saja. Padahal menjaga mental tetap baik adalah kewajiban setiap orang.

Dengan mendengarkan suara alam, sebenarnya kamu menjadi lebih tenang. Berikut, manfaat mendengarkan suara alam yang perlu kamu tahu.

1. Suara alam sekitar akan membuatmu tenang

Menurut Orfeu Buxton, profesor di Pennsylvania State University, menyaksikan dalam laman Live Science bahwa suara yang pelan dan tenang bukan merupakan ancaman dan bisa membuat jiwa damai. Suara-suara alam yang cenderung membuat jiwa damai seakan berkata padamu agar tidak khawatir.

Suara kicauan burung juga memberikan efek yang sama, yaitu ketenangan.

2. Dapat membuat kita lebih cepat

Kenapa banyak orang yang tidur saat hujan? Alasannya selain karena suhu dingin yang membuat kamu ingin menarik selimut, tetapi juga karena suara hujan membuat seseorang menjadi tenang. Dampaknya, kamu bisa menjadi lebih cepat tidur.

3. Bisa menyembuhkan dan menguatkan otak

Saat penat, sebagai orang memiliki pergi ke pantai. Hal itu bukan tanpa alasan, pasalnya ombak yang berdebur membantu kita mencapai kondisi seperti orang yang bermeditasi.

Pada saat bermeditasi, pikiranmu akan terpusat pada satu hal, dan ini membuat otakmu menguat, mendengarkan suara ombak juga berefek demikian.

4. Mampu meningkatkan suasana hati dan kemampuan kognitif

Saat berjalan dan mendengarkan suara di pantai atau di pegunungan, suasana hatimu akan lebih baik. Apalagi jika kamu pergi ke beberapa air terjun, suasana hatimu melihat air menjadi lebih bagus. Di samping itu, mengamati dan mendengarkan suara alam juga membuat kemampuan kognitif kamu meningkat.

5. Dapat mengurangi stres dan meningkatkan produktivitas

Inilah alasan kenapa seseorang yang sudah kembali dari pantai, pegunungan, dan alam lainnya merasa lebih baik. Karena segala sesuatu yang ada di alam membuatnya kembali bersemangat dan produktivitasnya menjadi lebih baik.

6. Membuat lebih bersyukur

Para peneliti sepakat bahwa suara alam dapat memberikan efek yang kuat pada kesejahteraan manusia. Ketika kamu mendengarkan suara air sungai mengalir, kamu menjadi lebih rileks dan rasa syukurmu bertambah. Saat rasa syukurmu bertambah, biasanya perasaan stres dan tertekan akan hilang, artinya kamu lebih sejahtera dan mentalmu lebih bahagia.

Jika kamu merasa tertekan dengan urusan pekerjaan, atau hal lainnya, cobalah dengarkan suara alam, bahkan jika bisa kamu pergi ke alamnya langsung. Sebagai alternatif, kamu bisa mendengarkan suara alam lewat ponsel, atau melihat video tentang keindahan alam.

Suara alam lebih banyak dirasakan manfaatnya pada orang-orang yang mengalami depresi. Karena bagi sebagian orang, mendengarkan suara alam tidak berdampak besar.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak