facebook

3 Aktivitas yang Mengakrabkan Keluarga, Setuju?

NAFRI DIFAR
3 Aktivitas yang Mengakrabkan Keluarga, Setuju?
Ilustrasi keluarga besar (Pexels.com/Fauxels)

Di tengah kesibukan masing-masing orang, kadang kala sulit menemukan waktu untuk bisa berkumpul bersama keluarga. Jadwal yang berbeda-beda antara satu dengan lainnya sering menyebabkan acara berkumpul menjadi jarang atau bahkan sulit untuk direalisasikan.

Apabila hal tersebut dibiarkan terus menerus, bukan tidak mungkin lama kelamaan akan terasa ada jarak di antara anggota keluarga. Tentu saja tak ada orang yang mengharapkan ini terjadi.

Namun, ketika semua aktivitas tak mungkin dikurangi atau dipaksa sesuai dengan masing-masing orang, maka perlu diupayakan pertemuan yang berkualitas. Artinya, pertemuan yang benar-benar bisa mempererat ikatan kekeluargaan walau mungkin aktivitas ini tak bisa dilakukan setiap hari.

Aktivitas untuk menjalin kedekatan keluarga tentulah harus aktivitas yang melibatkan semua anggota keluarga dan dilakukan dengan kebersamaan. Berikut contoh aktivitas yang dapat dilakukan bersama keluarga agar semakin akrab.

1. Makan bersama

Saat berkumpul bersama di meja makan, setiap anggota keluarga bisa merasakan kebersamaan dengan menikmati hidangan yang sama. Walaupun mungkin ada perbedaan selera, justru hal ini akan membuat satu sama lain lebih saling memahami bahwa setiap orang punya pilihan masing-masing namun masih bisa bersama.

Saat makan juga merupakan kesempatan untuk saling menceritakan kegiatan masing-masing dan menanggapi cerita satu sama lain. Bahkan bisa saling memberi masukan dan saran jika ada yang sedang menghadapi masalah.

2. Kerja bakti

Saat weekend adalah waktu yang tepat untuk melakukan kegiatan kerja bakti bersama keluarga. Tentunya hal ini memerlukan komitmen dari semua anggota keluarga bahwa ada satu hari weekend yang disepakati bersama untuk melakukan kerja bakti di rumah.

Kerja bakti bisa bermacam-macam, seperti beres-beres rumah, merapikan taman di teras atau pun melakukan perbaikan apabila ada bagian rumah yang perlu diperbaiki.

Kerja bakti yang dilakukan bersama ini akan menimbulkan perasaan tanggung jawab untuk kepentingan bersama. Perlu pembagian tugas sesuai dengan kemampuan masing-masing, yang penting tujuan kerja bakti tercapai.

3. Piknik

Sesekali piknik memang perlu dilakukan sebagai refreshing. Piknik yang dilakukan bersama keluarga akan membawa kehangatan perasaan dan berbagi kebahagiaan dengan semua anggota keluarga.

Tidak harus piknik ke tempat jauh atau yang berbiaya mahal. Yang penting bisa bersantai bersama keluarga dengan berbagai kegiatan yang menyenangkan.

Nah, menurut kamu, aktivitas apa lagi yang bisa membuat keluarga semakin akrab?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak