facebook

5 Cara Mengatasi Anak yang Kecanduan Bermain Game Online

Mutami Matul Istiqomah
5 Cara Mengatasi Anak yang Kecanduan Bermain Game Online
Ilustrasi anak bermain game (freepik.com/user18526052)

Memiliki anak yang kecanduan game online bukan hal yang mudah untuk diselesaikan. Pasalnya anak adalah seseorang yang sangat cerdas. Sekalinya dia mengetahui sesuatu, tidak mudah untuk melupakannya. Anak yang kecanduan game online sebenarnya tidak sepenuhnya menjadi kesalahan anak. Justru yang lebih salah adalah orang tuanya yang tentu saja mengenalkan anak dengan game online. Oleh karena itu, jangan terus menunda dan menunggu, perbaiki semua itu dari sekarang sebelum semuanya terlambat. Bagaimana caranya?

1. Ajak anak  bicara 

Ajak anak berbicara mengenai beberapa dampak buruk dari game online. Akan lebih bagus jika hal ini berkaitan dengan apa yang anak rasakan. Misalnya, gara-gara bermain game, anak menjadi bangun tidur kesiangan. Dengan memberikan contoh secara nyata, anak akan lebih mudah untuk memahaminya. 

Bukan hal yang mudah untuk mengubah anak hanya melalui kata-kata. Namun penjelasan memang diperlukan, ketimbang langsung menyembunyikan game onlinenya. Sebab bagaimanapun, anak sudah terlanjur paham dan hafal. Jadi butuh waktu baginya untuk melupakannya. 

2.  Beri alternatif kegiatan

Jika anak terbiasa di dalam rumah dan menghabiskan seluruh waktu untuk bermain game, maka kita harus kreatif menyusun beberapa kegiatan lain untuk anak. Kegiatan yang akan membuat anak lebih aktif bergerak dan mau belajar dengan sesuatu yang ada disekitarnya. 

Kita bisa mengajak anak ke taman untuk bermain, atau menyediakannya beberapa aktivitas yang seru. Misalnya, bermain air, membereskan mainan, atau hal lainnya. Paling tidak anak bisa bergerak dan terhibur sehingga keinginannya untuk terus bermain game bisa sedikit teralihkan. 

3. Tetapkan batasan

Batasan anak dalam bermain game bisa dilakukan dengan cara membatasi penggunaan game online selama satu hari dengan kurun waktu beberapa menit atau seminggu berapa jam. Dengan membatasi waktu anak untuk bermain game, anak akan belajar untuk memahami hal itu. 

4. Bermain bersama anak

Bermain secara langsung dengan anak bisa membuat anak melupakan game online. Ajak anak main dengan apapun yang ada di dalam rumah. Temani. 

Anak akan lebih senang ketika bermain bersama dengan orang tuanya. Bukan hanya ditemani namun orang tua sibuk dengan hal lain. Bermain bersama-sama juga akan meningkatkan bonding antara anak dan orang tua. 

5. Biasakan anak untuk bermain secara nyata 

Tidak mengapa untuk mulai kembali mengajak anak bermain mainan yang nyata. Tambah lagi beberapa mainan edukasi yang bisa menstimulasi anak. Tidak hanya menarik, namun juga bermanfaat. 

Biarkan anak memuaskan rasa ingin tahunya dengan mainan disekitarnya. Hindari campur tangan atau kesan terlalu mengatur. Tidak mengapa untuk bermain di halaman, asalkan dalam pengawasan. 

Intinya, bantu kebosanan anak dengan mengalihkan perhatiannya kepada mainan yang lain. Bukan mengajarinya bermain game online. 

Itu dia 5 cara mengatasi anak yang kecandungan bermain game online. Meskipun ada beberapa aspek positif dari bermain game, namun lebih banyak dampak negatifnya. Semoga bisa membantu kita menjadi orang tua yang baik dan bijak, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak