facebook

7 Tips Lancar Skripsian untuk Mahasiswa Semester Tua

Anisa Rachma Agustina
7 Tips Lancar Skripsian untuk Mahasiswa Semester Tua
Ilustrasi Wisuda (Pexels/Rodnae Production)

Skripsi merupakan tugas akhir yang harus ditempuh untuk para mahasiswa pada jenjang Strata 1, dan gelar yang diperoleh oleh mahasiswa S1 dalah sarjana yang akan diikuti dengan jurusan yang ia pilih. Misalnya mahasiswa pendidikan akan memperoleh gelar Sarjana Pendidikan atau disingkat S.Pd, Sarjana Ekonomi akan mendapat gelar S.H, Sarjana Hukum akan mendapat gelah S.H.

Sebelum mendapatkan gelar tersebut para mahasiswa harus menyelesaikan Sistem Kredit Semester (SKS) sesuai yang telah di ditentukan oleh masing-masing prodi. Setelah SKS terselesaikan tugas para mahasiswa adalah mengerjakan skripsi.

Berbagai tantangan ditemui oleh para mahasiswa saat proses pengerjaan skripsi. Mulai dari tidak ditemukannya masalah yang hendak diteliti, ganti judul, pembimbing yang tidak merespon dengan baik pekerjaanmu. Alhasil skripsimu menjadi terbengkalai. Sehingga membuatmu semakin lama untuk lulus, wisuda dan mendapat gelar seperti yang sudah direncanakan.

Dalam artikel ini saya akan memberikan 7 tips lancar skripsian untuk kalian mahasiswa semester tua. Skripsi apabila hanya dilihat dan tidak dikerjakan maka tidak akan selesai, maka dari itu harus ada niat dan tekad yang kuat untuk memaksa diri bergerak dalam pengerjaannya.

Berikut merupakan 7 tips lancar skripsian untuk mahasiswa semester tua:

1. Menentukan Target

Tentukan target untuk mencapai hasil sesuai dengan jadwal yang telah ada, misalnya target setiap hari mengerjakan satu lembar, dengan demikian kamu akan lebih progresif. Sehingga skripsimu tidak hanya jalan ditempat namun ada arah geraknya.

2. Membuat Schedule

Buat schedule pengerjaan misalnya target setiap hari satu lembar dan harus dikerjakan pukul 03.00-04.00 dengan demikian tubuhmu akan memaksamu untuk bangun pagi dan mulai mengerjakan skripsi. Hal ini bisa membentuk kebiasaan baik untuk bangun pagi dan memulai aktivitas pagi. Saat kamu memulai aktivitas dipagi hari otak masih fresh sehingga akan banyak ide cemerlang muncul darimu.

3. Dekat dengan Dosen Pembimbing

Sekeras-kerasnya batu akan berlubang juga apabila terus ditetesi oleh air, apabila kamu mendapatkan dosen pembimbing yang killer maka dekati dia, tunjukan keseriusanmu dalam pengerjaan skripsi ini. Dengan melihat kerja kerasmu maka lama-kelamaan akan ada chemistry antara kamu dan dosen pembimbingmu.

Jangan pantang menyerah, dalam setiap pengerjaan skripsi selalu ada kesalahan meskipun hanya peletakan tanda baca. Dosen pembimbing yang baik selalu ingin mahasiswanya teliti sehingga mendapatkan hasil maksimal dari pengerjaan skripsinya.

4. Memantapkan Objek Penelitian

Beberapa orang masih kebingungan dengan objek penelitiannya, mengganti judul di saat judul pertama sudah sampai BAB III hal ini akan memperlambat pekerjaanmu. Saat kamu mengganti judul dan objek penelitian maka kamu harus mengulang skripsimu dari awal. Maka dari itu matapkan objek dan judul penelitianmu, ketika skripsimu ingin cepat selesai.

5. Mengalahkan Ego

Manusia dan kesibukan adalah satu kesatuan, apabila kamu tidak bisa mengalahkan egomu maka skripsimu tak akan kunjung selesai. Misalnya mengalahkan ego dan rasa malasmu. Kamu juga harus berani menolak ajakan hangout beberapa teman untuk dapat fokus mengerjakan skripsimu.

6. Menentukan Tujuan dan Prioritas

Saat kamu malas-malasan mengerjakan skripsi, coba pandangi foto kedua orang tuamu. Mereka membanting tulang mengumpulkan pundi-pundi rupiah demi sang buah hati bisa sekolah dengan layak dan mendapatkan predikat sarjana. Tentukan tujuan dan prioritasmu, kita tidak akan pernah tau kelak setelah lulus akan bekerja dalam bidang apa. Namun setidaknya kita punya tugas untuk menyelesaikan pendidikan sarjana kita.

7. Mulai Mengerjakan

Apabila jadwal sudah ada kemauan sudah ada, itu saatnya kamu mengerjakan. Kerjakan skripsimu sesuai dengan kemampuanmu, berhenti ketika lelah dan kembali mengerjakan ketika lelahmu telah usai. Berikan yang terbaik untuk kedua orang tuamu, niscaya Allah akan memberkahi hidupmu.

Itu merupakan 7 tips lancar mengerjakan skripsi. Untuk para pejuang skripsi semangat menjalani hari dengan ribuan bait kata, usahamu pasti akan berbuah manis kelak.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak