facebook

4 Ide Kreatif dan Inovatif untuk Konten Promosi Produk Bisnis Online Anda

Ridho Hardisk
4 Ide Kreatif dan Inovatif untuk Konten Promosi Produk Bisnis Online Anda
Ilustrasi Bisnis Online

Bisnis online adalah salah satu pekerjaan yang cukup menjanjikan di era sekarang yang dimana semua aktivitas manusia dijejalin oleh teknologi di dunia digital. Berbeda dengan bisnis offline seperti biasa, bisnis online memerlukan keterampilan yang cukup untuk menarik perhatian calon konsumen di dunia maya.

Platform media sosial seperti Instagram, Facebook dan TikTok sudah menjadi wadah favorit bagi entrepreneur untuk mencari calon customer. Dengan banyaknya pengguna dari 3 platform tersebut, sudah pasti peluang profit lebih besar. Namun, yang perlu dicermati adalah bagaimana seorang entrepreneur bisa mempromosikan produk mereka agar dibeli oleh calon customer.

Saya akan membagikan pengalaman sebagai entrepreneur yang pernah bergelut di bidang bisnis kuliner dalam pembahasan ke depannya. Sebelum saya memulai bisnis ini, saya selalu pusing memikirkan ide cemerlang yang bisa membuat produk makanan saya dilirik oleh calon customer.

 Menurut pandangan saya, karena orang Indonesia menyukai konten-konten yang unik, nyeleneh, dan aneh, saya berfikir untuk mengemas produk saya dalam video berdurasi sekitar 2 hingga 4 menit dengan komedi. Namun, saya ingin tidak hanya sekedar komedi biasa, tetapi komedi yang memang cukup konyol yang bahkan saya sendiri heran mengapa saya bisa terpikirkan ide konten itu

Berikut 4 ide yang kreatif dan inovatif yang cocok anda jadikan bahan konten promosi bisnis anda:

1. Pahami Selera Humor Orang di Daerah Anda

Ilustrasi selera humor. (pexels: helena lopes)
Ilustrasi selera humor. (pexels: helena lopes)

Sebagai seorang entreprenur, anda harus tahu apa yang disenangi oleh orang-orang yang menjadi sasaran produk anda. Ketahui apa yang membuat mereka tertawa melihat sesuatu yang baru serta bisa membuat mereka kagum dengan konten produk anda. Sebagai contoh, saya punya produk Ayam Peri-peri yang berasal dari masakan olahan Portugis, maka saya mencari iconic yang khas dari Portugis yang mungkin orang di daerah saya yang belum tahu. Kemudian eksplor ide anda sekreatif mungkin untuk membuat video iklan anda agar terlihat seolah bukan untuk promosi secara langsung.

2. Kenali Latar Tempat yang Bagus untuk Produk Anda

Ilustrasi latar tempat. (pexels: Quang Nguyen Vinh)
Ilustrasi latar tempat. (Pexels/ Quang Nguyen Vinh)

Tempat yang bisa mendukung ide fresh kreativitas anda dalam mengemas produk anda dalam poto atau video produk anda merupakan hal yang sangat penting. Sebab, sebuah produk akan enak dilihat oleh calon customer jika background tempatnya mendukung dan cocok disandingkan dengan produk anda. Misalnya, jika anda punya produk sabun kecantikan yang berasal dari ekstrak daun teh, maka cari tempat di daerah perkebunan teh sebagai latar tempat untuk pembuatan konten anda dalam bentuk poto maupun video.

3. Minta Teman Humoris Anda untuk Endorse Produk Anda

Ilustrasi endorse. (pexels: kebs visual)
Ilustrasi endorse. (pexels: kebs visual)

Ide kali ini, lebih cocok jika produk dikemas dalam bentuk video yang berdurasi kurang dari 3 menit. Kemudian, mintalah teman terdekat anda yang menurut anda paling humoris, kocak, serta konyol kelakuannya. Sebab, orang seperti itu lebih mudah berbicara lepas atau spontan di depan umum. Akan tetapi, arahkan mereka untuk memahami keunggulan produk anda yang bisa dijadikan bahan guyonan. Misalnya anda punya produk daster yang merupakan pakaian perempuan, cari temen perempuan humoris anda yang bisa menjelaskan produk anda dengan lawakannya mengenai lucunya memakai daster.

4. Testimoni Customer yang Dibalut Komedi

Ilustrasi testimoni customer. (pexels: doTERRA international LLC)
Ilustrasi testimoni customer. (pexels: doTERRA international LLC)

Jika anda sudah mendapatkan customer anda, minta mereka untuk buat konten komedi yang bisa membuat orang lain ketawa. Testimoni merupakan salah satu senjata ampuh dalam branding yang bisa menunjang bisnis anda. Misalnya anda punya produk kuliner nasi goreng sambal durian, ambil sisi duriannya dengan membuat video vlog anda bersama customer anda untuk testimoni serta kalau perlu pergi ke pohon durian untuk membuat tantangan mengambil durian langsung dari pohonnya, jika dia berhasil, maka anda memberinya bonus satu porsi lagi. Dengan begitu, pasti ada saja kejadian lucu tidak terduga dari konten itu.

Semoga 4 ide ini bisa menjadi inspirasi bagi anda yang ingin mencoba berwirausaha dan ingin berkarya dalam bidang bisnis online. Selamat mencoba ya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak