facebook

5 Kebiasaan Sederhana yang Dapat Membantu Merawat Bumi, Yuk Mulai Bersama!

Nanik Srisunarni
5 Kebiasaan Sederhana yang Dapat Membantu Merawat Bumi, Yuk Mulai Bersama!
Ilustrasi merawat bumi (Unsplash.com/John Cameron)

Akhir-akhir ini banyak orang menyadari bahwa udara terasa panas baik di siang hari maupun malam hari. Tak sedikit pula yang mengeluh merasakan gatal-gatal akibat biang keringat yang terus dihasilkan sebagai akibat suhu udara yang begitu panas. 

Sebenarnya, isu pemanasan global ini sudah sering diserukan di berbagai belahan dunia sejak bertahun-tahun lamanya. Namun, namanya juga manusia selalu saja mengulang kesalahan yang sama. Manusia seringkali merusak bumi dengan cara-cara yang sebenarnya sepele. 

Agar kita bisa membantu merawat bumi, ternyata kita bisa loh melakukan hal-hal sederhana berikut ini.

1. Menghapus pesan di email

Adanya tumpukan pesan email yang tidak lagi diperlukan akhirnya menyebabkan sampah tumpukan karbon emisi yang bisa mengancam keselamatan bumi. Oleh karena itu, kamu bisa mulai menghapus pesan-pesan di emailmu, terdengar mudah bukan?

2. Mencabut kabel saat tidak digunakan

Setelah mengisi daya baterai handphone atau perangkat lainnya, jangan lupa untuk memastikan kabel tak lagi menancap dan membuang daya listrik di dalamnya. Belum lagi jika kabel tersebut terkena benda-benda bermuatan air, pasti tak bisa dibayangkan apa yang terjadi bukan?

3. Menghemat air

Gunakan air secukupnya ya, jangan membuang-buang air dengan membiarkan keran air menyala terus-menerus saat tidak digunakan, atau dengan sengaja menggunakan air secara berlebihan. Mulai sekarang, lebih hemat lagi ya!

4. Menggunakan botol minum 

Daripada membeli mineral kemasan yang harus dibuang setelah habis diminum, kamu bisa menggunakan botol minum yang bisa digunakan dalam jangka panjang. Misalnya ketika ke kantor, ke sekolah atau ketika berpergian, selalu sediakan botol minum yang diisi dari rumah agar kamu tidak menambah jumlah pencemaran lingkungan karena limbah bekas botol minum.

5. Matikan perangkat elektronik saat tidak digunakan

Hal ini penting karena kamu bisa menghemat pengeluaran listrik di rumahmu. Kamu bisa mematikan lampu saat tidak digunakan, mematikan televisi, atau bahkan laptop yang sering lupa untuk dimatikan. Selain mampu menyelamatkan bumi, penghematan listrik ini juga bisa menghemat pengeluaran bulanananmu.

Itu dia lima hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk membantu merawat bumi. Dari yang sederhana, bermakna luar biasa.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak