facebook

Apakah Anda Memiliki 5 Kebiasaan Sederhana Orang Produktif Ini?

Armando Bima Sakti
Apakah Anda Memiliki 5 Kebiasaan Sederhana Orang Produktif Ini?
Ilustrasi pria sedang bekerja.[Pexels/Andrea Piacquadio]

Setiap hari, semua orang berusaha untuk menjadi produktif. Namun, karena ada begitu banyak aktivitas, sulit untuk diterapkan secara konsisten. Banyak orang salah mengartikan produktivitas sebagai aktivitas yang sibuk.

Sebenarnya, memiliki hari yang produktif berarti menjalani hari yang penuh dengan keuntungan, manajemen waktu yang efektif, dan tidak terlalu banyak bekerja. Jadi, apa yang dilakukan orang-orang sukses? Berikut ulasannya:

1. Buatlah to-do list 

Pexels/Suzy Hazelwood
Ilustrasi to-do list.[Pexels/Suzy Hazelwood]

Orang-orang yang produktif memanfaatkan waktu mereka sebaik-baiknya. Mereka sering membuat to-do list tentang apa yang harus dilakukan atau diselesaikan pada hari yang sama untuk memanfaatkan waktu mereka sebaik mungkin.

Dengan begitu, akan tahu masalah mana yang perlu ditangani terlebih dahulu dan mana yang tidak terlalu mendesak. Maka semuanya akan selesai sesuai jadwal dan tanpa terkecuali.

2. Jangan multitasking

Pexels/Karolina Grabowska
Ilustrasi multitasking.[Pexels/Karolina Grabowska]

Melakukan banyak tugas sekaligus tidak lebih baik daripada melakukannya satu per satu. Ini hanya akan memakan banyak waktu jika Anda melakukannya sekaligus. Multitasking dapat mengakibatkan penurunan kecepatan dan akurasi saat melakukan tugas. Ini karena konsentrasi otak terpecah.

Daripada multitasking untuk melakukan banyak hal sekaligus, lebih baik fokus pada satu aktivitas pada satu waktu, yang lebih efisien waktu dan meningkatkan produktivitas.

3. Singkirkan gangguan dari lingkungan Anda

Pexels/Khoi Tran
Ilustrasi bermain ponsel.[Pexels/Khoi Tran]

Ketika melakukan sesuatu, ponsel mungkin menjadi pengalih perhatian yang signifikan. Untuk menghindari gangguan, jauhkan ponsel sejauh mungkin dari Anda saat melakukan sesuatu. Karena ponsel menarik Anda untuk menghabiskan waktu menelusuri media sosial.

4. Percaya diri dan jangan takut melakukan kesalahan

Pexels/Sora Shimazaki
Ilustrasi berjabat tangan.[Pexels/Sora Shimazaki]

Orang yang produktif tidak takut melakukan kesalahan. Mereka mengambil risiko tanpa mempertimbangkan akibatnya, dan jika mereka yakin mereka bisa gagal, mereka tidak langsung menyerah, percaya bahwa setiap kerugian akan menciptakan peluang untuk kemajuan yang lebih besar.

Karena kegagalan memungkinkan untuk belajar dari kesalahan dan menghindari mengulanginya, kemungkinan kecil akan mengulanginya. Belajar dari kesalahan akan membantu Anda tumbuh lebih banyak lagi dan akan menjadi langkah penting menuju kesuksesan.

5. Definisikan kesuksesan dengan kata-kata Anda sendiri

Pexels/Gerd Altmann
ilustrasi sukses.[Pexels/Gerd Altmann]

Banyak orang mendefinisikan kesuksesan sebagai memiliki banyak uang, rumah yang bagus, dan barang berharga lainnya, tetapi mereka tidak. Mereka tidak mengikuti definisi sukses orang lain; sebaliknya, mereka menciptakan sendiri untuk menjalani kehidupan yang lebih nyaman.

Inilah lima hal yang biasa dilakukan orang produktif.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak