facebook

5 Cara Menghadapi Pasangan yang Gampang Cemburu, Pertimbangkan Lagi Hubunganmu!

Mutami Matul Istiqomah
5 Cara Menghadapi Pasangan yang Gampang Cemburu, Pertimbangkan Lagi Hubunganmu!
Ilustrasi pasangan yang bertengkar (Freepik.com/racool_studio)

Memiliki seorang pasangan yang cemburuan memang ada suka dan dukanya. Salah satu sukanya adalah kita merasa sangat disayang bahkan menyadari begitu takutnya pasangan kita kehilangan. 

Dukanya, memang kita harus memiliki hati yang lapang dan menyesuaikan beberapa keadaan. Tidak mudah memang, bahkan banyak yang menyerah. 

Nah, beberapa poin di bawah ini merupakan tips menghadapi pasangan yang cemburuan.

1. Sabar

Tentu saja, kamu harus bersikap sabar alias 'sabaaaaaarrrrr' karena memang sering kali terasa sangat menjengkelkan dan menyebalkan. Dalam beberapa hal, kita akan merasakan tidak tenang dalam menjalani kehidupan, terbatas dalam beberapa hal, dan seolah harus terus mengalah dalam setiap masalah. 

Menjelaskan kepada pasangan dan meyakinkan sesuatu yang menurut kita tidak perlu juga mengharuskan kita sabar dalam menjalaninya. 

2. Bersikap jujur dan terbuka

Menghadapi pasangan dengan karakter seperti apapun, sebenarnya kita juga berkewajiban untuk menjadi seseorang yang jujur. Namun, kepada pasangan yang memiliki karakter cemburuan, kita harus lebih terbuka dalam banyak hal. 

Bahkan tidak jarang, pasangan ingin kita selalu melapor banyak hal. Ketika kita memilih untuk mempertahankan hubungan, maka kita harus menerima hal itu dan melakukannya dengan jujur. 

3. Kenalkan dia dengan lingkungan pergaulanmu

Sebagai usaha untuk membuat pasangan lebih percaya kepadamu, tidak ada salahnya untuk mengenalkan pasangan kepada teman-teman kita dalam bergaul. Sehingga ketika kita menjelaskan sedang bersama si A, si B, atau yang lainnya, pasangan akan bisa lebih memahami itu. 

4. Membicarakannya 

Sesekali, kamu juga harus membicarakan kepada pasangan mengenai batasan dalam hubungan kalian. Ketika kamu merasa terganggu dengan beberapa hal, kamu harus menyampaikannya agar pasangan juga memahami perasaanmu. 

Mungkin dia akan menuntut kita untuk menghargainya. Namun, bukankah akan lebih baik jika bisa saling menghargai? 

Meskipun kamu mencintainya dan menerima kekurangannya, namun kamu juga tetap harus mempertahankan hubungan yang sehat. 

5. Pikirkan lagi hubunganmu 

Ketika berbagai cara sudah kamu lakukan untuk menghadapi pasangan yang cemburuan namun kamu merasa tidak merasa bahagia dalam menjalani hubungan itu, mungkin kamu perlu mempertimbangkannya kembali. 

Tujuan dari hubungan yang terjalin bukankah untuk membahagiakan satu sama lain? Lalu, jika dalam setiap hari pasanganmu terus terbebani dengan rasa curiga dan cemburu, sementara kamu terganggu dan merasa tidak nyaman dalam menjalani hidup, lantas untuk apa hubungan dipertahankan? 

Bisa jadi, ketika kalian saling melepaskan, kalian akan merasa lebih bahagia. Maka dari itu, kamu harus mempertimbangkannya demi kebaikan dan kebahagiaan bersama. 

Itu dia beberapa cara menghadapi pasangan yang cemburuan. Semoga bisa menjadi pembelajaran untuk kita dan mengambil kebaikan dari tulisan ini, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak