facebook

4 Tips Membuat Suami Betah di Rumah, agar Rumah Tangga Harmonis dan Bahagia

Mutami Matul Istiqomah
4 Tips Membuat Suami Betah di Rumah, agar Rumah Tangga Harmonis dan Bahagia
ilustrasi suami istri.[freepik.com/jcomp]

Membuat suami merasa betah di rumah sebenarnya adalah hal yang cukup mudah. Namun ternyata hal tersebut cukup relatif sehingga tidak bisa disamakan bagaimana pengalaman setiap orang. 

Banyak wanita atau istri yang kesal lantaran suaminya lebih sering menghabiskan waktu di luar. Padahal dalam keluarga, peran seorang suami sangat dipentingkan. Terlebih, kalau sudah memiliki anak. Tentu seorang suami juga harus memenuhi kewajibannya sebagai seorang ayah. 

Maka dari itu, semoga beberapa tips di bawah ini bisa membuat suami semakin betah di rumah. 

1. Bicarakan 

Yang pertama, segala sesuatu memang harus dibicarakan. Jadi, sebelum mengambil langkah, kamu tetap harus membicarakannya kepada suami. Misalnya, alasan suami lebih sering di luar, atau pentingnya menjaga kehangatan keluarga. Namun demikian, sampaikan ketika sedang dalam waktu yang pas. 

Kamu harus mengetahui apa penyebab suami jarang berada di rumah. Apakah murni karena pekerjaan atau ada alasan yang disembunyikan. Segala hal yang ada dalam rumah tangga, baik maupun buruk, harus dibicarakan dengan terbuka. Agar semua solusi bisa dicari dan masalah bisa teratasi. 

2. Meningkatkan quality time

Kalau selama ini mungkin kamu dan suami terlalu sibuk dengan aktivitas masing-masing, mungkin kalian memerlukan sejenak waktu untuk berduaan atau quality time. 

Banyak orang menganggap bahwa rumah tangga yang sudah berjalan lama, tidak lagi membutuhkan quality time. Mereka meremehkannya. Padahal, setiap pasangan membutuhkan itu. 

Biarpun sudah lama berumah tangga, rasa cinta tetap harus dijaga. Salah satu caranya adalah dengan meningkatkan kualitas waktu berdua. Agar bisa kembali saling mencintai dan memiliki gairah dalam menjalankan rumah tangga yang ada. 

3. Memperbaiki penampilan 

Bisa jadi, suami lebih sering berada di luar rumah karena penampilanmu yang berantakan, lho. Meskipun kamu sama lelahnya dengan suami, namun kamu juga perlu menjaga penampilan diri sendiri. 

Paling tidak, kamu harus mandi bersih dan wangi. Usahakan ketika suami pulang, berikan penampilan seanggun mungkin. Tidak perlu berlebihan, kamu hanya perlu menunjukkan bahwa kamu bisa merawat diri, meskipun banyak pekerjaan, bahkan ada anak yang harus diurusi. 

Kalau suami memandang kamu dalam kondisi yang bersih, wangi dan cantik, dia akan menganggap bahwa kehadirannya dihargai dan disambut dengan baik. Segala penatnya bekerja seharian, bisa disembuhkan dengan melihat dirimu di depan matanya. 

4. Memenuhi kebutuhan 

Istri yang baik adalah istri yang memenuhi kebutuhan suami. Tidak hanya kebutuhan di ranjang saja, tapi kebutuhan sehari-hari dan kebutuhannya secara emosional. 

Kamu harus menjadi pendamping yang perhatian kepada suami. Misalnya dengan menyiapkan makan, membantunya bersiap berangkat kerja, dan membangun kedekatan. 

Ketika suami berangkat dan sepulang bekerja adalah momen yang sangat penting untuk memberikan kesan baik. Ketika suami berangkat kerja, dia akan menjadikan kamu sebagai penyemangatnya dalam mencari uang. Jadi kamu harus memberikan pengaruh yang baik sehingga dia akan berangkat dengan penuh semangat.

Ketika dia pulang, dia membutuhkanmu untuk menenangkan dirinya dan menghilangkan rasa lelah. Kamu harus menjadi rumah yang menyenangkan.

Itu dia 4 cara membuat suami betah di rumah. Semoga bermanfaat dan menjadikan rumah tangga kita selalu harmonis dan bahagia. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak