facebook

5 Cara Menghadapi Pasangan yang Pelit, Biar Enggak Makan Hati!

Mutami Matul Istiqomah
5 Cara Menghadapi Pasangan yang Pelit, Biar Enggak Makan Hati!
ilustrasi pacar yang pelit.[freepik.com/azerbaijan_stock]

Banyak pasangan yang terlalu sempurna untuk dijelaskan, namun pada suatu ketika bisa saja dia kehilangan banyak pandangan baik tersebut hanya karena satu sikapnya yang menjengkelkan, yaitu pelit. Semua orang tentu menginginkan pacar yang loyal dan tidak perhitungan. Namun bagaimanapun, seseorang yang bersikap pelit masih banyak di jumpai. 

Bagaimanapun, sikap pelit ini biasanya sudah dipengaruhi oleh didikan keluarga, salah pola asuh, dan bagaimana tempatnya bergaul. Sehingga hal tersebut tetap akan bertumbuh sepanjang manusia hidup. 

Nah, berikut ini adalah 5 tips menghadapi pacar yang pelit agar tak sakit hati. 

1. Ekspresikan apa yang kamu rasakan

Jangan ragu untuk mengatakan kepada pasangan mengenai hal yang kamu rasakan. Jangan ragu untuk mengatakan bahwa dirinya memang pelit. 

Apalagi jika sekian tahun bersama, kamu lah seseorang yang selalu keluar uang ketika menghabiskan waktu bersama-sama. Padahal, masih menjadi pacar. 

Begitu juga ketika kamu tidak pernah mendapatkan kado atau perlakukan spesial dari pasangan meskipun di hari itu adalah hari yang spesial untukmu. 

Mungkin kamu tidak tahu bahwa banyak orang pelit yang tidak menyadari bahwa dirinya pelit. Makanya, mengungkapkan hal itu setidaknya bisa membuat pacar kita menjadi sadar diri. 

2. Jangan mencoba mengubah

Karena sikap pelit biasanya sudah tumbuh dari kecil, maka akan sulit sekali untuk mengubahnya. Maka dari itu, ketika kamu berusaha untuk membantu pacar menghentikan sikap pelitnya, belum tentu bisa dan diterima. Tidak mustahil, kamu hanya membuang waktu untuk suatu hal yang percuma. 

3. Jangan membicarakannya di belakang

Membicarakan pasangan di belakang dengan orang lain dan mengatakan bahwa pacarmu adalah seseorang yang pelit, hanya akan menimbulkan masalah baru dan kesan kekanak-kanakan dirimu dalam menjalani hubungan. 

Maka dari itu, hindari untuk membicarakannya di belakang. Sekalipun kamu ingin memberikan kritik maupun saran kepada dirinya, ucapkan secara empat mata. 

4. Jangan menaruh ekspektasi padanya

Ekspektasi kepada orang pelit hanya akan membuatmu merasa kecewa. Sudahlah, memang sewajarnya jika kita tidak perlu bergantung dan mengharapkan apapun dari orang lain. 

Kamu harus selalu memahami bahwa kebahagiaan bisa kamu dapatkan seorang diri. Tidak perlu bergantung kepada sesama manusia, karena yang tersisa hanyalah rasa kecewa. 

5. Belajar menerima

Memiliki seorang pacar yang pelit dan kamu berusaha untuk menerima itu, itu tandanya kamu siap untuk diajak susah, untuk memikir seribu kali ketika ingin membeli sesuatu, yang selalu berhemat dan yang lainnya. 

Selain itu, kamu juga harus memahami bahwa kamu tidak akan mendapatkan kasih sayang yang loyal dari pasangan, diberikan hadiah, diajak menikmati waktu bersama, atau yang lainnya. Belajarlah untuk menerima hal itu sebagai konsekuensi. 

Itu dia 5 cara menghadapi pacar yang pelit agar tidak sakit hati. Menarik sekali untuk dicoba, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak