facebook

4 Tips Percaya Diri Berbicara di Depan Umum, Jangan Grogi!

Diat Anugrah
4 Tips Percaya Diri Berbicara di Depan Umum, Jangan Grogi!
Ilustrasi bicara di depan umum (unsplash.com/charlesdeluvio)

Bagi sebagian orang mulai dari pelajar, mahasiswa, hingga karyawan, berbicara di depan banyak orng adalah sebuah kewajiban. Hal ini untuk menyampaikan berbagai hal seperti presentasi dan lain sebagainya. 

Meski sudah menjadi kewajiban, berbicara di depan banyak orang bukanlah hal yang mudah. Rasa malu dan grogi seringkali menjadi masalah utama yang membuat aktivitas ini terasa berat. Oleh karena itu, kita harus bisa melawan rasa malu dan lebih percaya diri saat berbicara di depan umum.

Berikut ini adalah 4 tips yang dapat dilakukan agar bisa percaya diri berbicara di depan umum.

1. Persiapan yang Matang

Berbicara di depan banyak orang tanpa persiapan yang matang dapat membuat kita gelagapan. Kita bisa menjadi gagap karena tidak tahu harus bicara apa. Hal ini akan membuat kita semakin gugup dan tidak percaya diri.

Oleh karena itu, hendaknya kita melakukan persiapan sebelum berbicara di depan umum. Kita harus benar-benar menguasai materi yang akan kita sampaikan. Kalau perlu, kita bisa berlatih terlebih dahulu di depan sedikit orang atau bahkan di depan cermin. Hal ini dapat membuat kita lancar saat berbicara.

2. Singkirkan Pikiran Negatif

Pikiran-pikiran negatif seperti akan ditertawai banyak orang, salah bicara, dan lain sebagainya dapat membuat mental kita menjadi surut dan menghilangkan rasa percaya diri kita. Oleh karena itu, singkirkan segala macam pikiran negatif yang ada di kepala kita mengenai momen kita berbicara di depan umum.

Kita harus berpikiran positif. Yakinkan pada diri kita bahwa kita mampu melakukan hal tersebut dengan baik. Dengan demikian, kita bisa menghilangkan rasa gugup dan menjadi lebih percaya diri.

3. Gunakan Gaya Bicara Sendiri

Kita mungkin menyukai gaya berbicara orang lain misalnya public figure tertentu. Namun meniru gaya bicara orang lain dapat membuat kita kurang lancar dalam menyampaikan materi, ucapan kita bisa jadi terputus-putus. 

Alangkah lebih baiknya jika kita menggunakan gaya bicara kita sendiri. Cara ini akan membuat kita lebih lancar dalam berbicara karena seperti mengobrol sehari-hari.

4. Abaikan Kesalahan yang Telah Lalu

Saat berbicara, mungkin kita akan melakukan kesalahan baik disengaja maupun tidak. Kita hendaknya mengabaikan masalah tersebut karena apabila terus dipikirkan bisa membuat kita menjadi kurang percaya diri. Fokus pada hal-hal yang harus kita sampaikan selanjutnya.

Demikian 4 tips yang bisa dilakukan agar percaya diri berbicara di depan umum. Buat apa malu?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak