facebook

Kamu Fresh Graduate? Yuk, Tingkatkan Personal Brandingmu Melalui Linkedin!

Nanik Srisunarni
Kamu Fresh Graduate? Yuk, Tingkatkan Personal Brandingmu Melalui Linkedin!
Ilustrasi Logo Linkedin. (Pixabay)

Aplikasi Linkedin saat ini sudah sangat banyak digunakan oleh sebagian besar orang di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Adanya aplikasi satu ini dinilai sangat membantu bagi mereka yang sedang mencari pekerjaan, terutama fresh graduate. Mereka memanfaatkan aplikasi ini untuk mengunggah portofolio dan pengalaman serta skill yang mereka miliki ke dalam linkedin.

Selain dapat membangun relasi, ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan melalui linkedin. Yakni kamu bisa mendapatkan informasi terkait lowongan pekerjaan yang sesuai dengan minat kamu serta informasi lengkap terkait persyaratan dan sebagainya. Kamu pun bisa berkesempatan belajar banyak dari pengalaman kerja orang lain dan tentunya membantumu untuk dilirik oleh Human Resource dari beberapa perusahaan.

Lalu pertanyaannya adalah, bagiamana caranya agar portofolio kamu di linkedin dilirik oleh Human Resource?

Eitss, tenang dulu ya! Disini aku akan membagikan beberapa tips yang bisa membantu kamu untuk meningkatkan personal branding melalui linkedin. Simak baik-baik ya!

1. Buat Profilmu selengkap mungkin

Jangan remehkan hal ini ya! Melengkapi profil linkedin dapat membantumu agar lebih dikenal oleh orang lain.Melalui profil yang lengkap, Human Resource dapat dengan mudah mendapatkan informasi lengkap tentang kamu sehingga mereka bisa mempertimbangkan apakah kamu bisa dijadikan kandidat untuk mengisi lowongan pekerjaan di perusahaannya.

2. Ikuti perusahaan yang kamu impikan

Setelah melengkapi profil, kamu bisa mulai untuk mengikuti perusahaan yang ingin kamu tempati sebagai lokasi bekerja. Dengan cara ini kamu akan mendapatkan informasi setiap saat mengenai lowongan pekerjaan yang dibuka oleh perusahaan tersebut beserta informasi kualifikasi yang mereka butuhkan.

3. Ikuti orang-orang yang memiliki ketertarikan yang sama denganmu

Misal kamu memiliki minat sebagai content writer, maka kamu bisa mengikuti orang-orang yang juga berminat sebagai content writer. Mengapa hal ini penting? Dengan mengikuti orang yang memiliki minat yang sama, maka kamu bisa melihat bagaimana portofolio dan pengalaman yang mereka miliki sehingga kamu bisa belajar dari mereka.

4. Ikuti para Human Resource atau Recruiter

Langkah satu ini sangat penting untuk kamu lakukan agar kamu bisa dengan mudah mendapatkan banyak informasi mengenai lowongan pekerjaan beserta dengan kualifikasi dan persyaratan yang dibutuhkan. 

Itu dia tips yang bisa kamu lakukan untuk membangun personal brandingu di melalui linkedin. Semoga artikel ini membantu!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak