facebook

5 Pertanyaan Menjebak saat Melamar Kerja, Berikut Cara Menjawabnya

Anang wan
5 Pertanyaan Menjebak saat Melamar Kerja, Berikut Cara Menjawabnya
Ilustrasi Wawancara Kerja (freepik)

Hallo sobat semua, apakah kalian sedang ingin melamar pekerjaan? Bingung apa yang harus dilakukan nanti saat interview? Nah, berikut ini ada sejumlah tips yang mungkin berguna untukmu. 

Disaat melamar pekerjaan, pasti ada sesi wawancara yang akan dilalui pada proses rekrutmen. Di tahap ini, HRD akan melihat keselarasan data pelamar kerja dengan kepribadiannya secara langsung.

Tapi sayangnya, banyak pelamar yang gagal pada tahap ini karena kurang menguasai pertanyaan yang diajukan. Apakah kamu sedang menyiapkan diri untuk wawancara kerja, berikut ini ada sejumlah pertanyaan menjebak yang mungkin ada di saat kamu melamar kerja.

1. Apa deskripsi diri kamu dalam tiga kata?

Pertanyaan yang satu ini sering ditanyakan saat wawancara kerja, terutama bagi gen z yang pengalamannya belum banyak (fresh graduate). Pertanyaan ini mungkin terlihat sederhana. Namun, apakah ada jawaban yang tepat untuk pertanyaan ini?

Sebenarnya, gak ada jawaban yang tepat untuk pertanyaan ini. Karena, HRD ingin melihat seperti apa kamu memandang diri kamu sendiri.

Jika ada pertanyaan ini di tempatmu melamar kerja, kamu disarankan untuk menyebutkan satu kata sifat negatif. Tunjukkan bahwa kamu menyadari akan kekurangan kamu dan kamu ingin terus berkembang.

2. Sebutkan pengalaman menari yang baru kamu alami? Coba ceritakan

Pertanyaan ini digunakan HRD untuk menilai segala hal dari pelamar kerja, termasuk memahami perspektif. HRD ingin melihat apa yang kamu suka dan tidak suka.

Apakah kamu orang yang aktif bersosialisasi? Apa kamu suka bertemu orang-orang baru? Apa kamu mengambil pelajaran baru di setiap momen yang kamu alami? Ini mungkin beberapa hal yang ingin diketahui oleh perusahaan.

3. Sebutkan hal yang mudah membuat anda kesal?

Sebenarnya, pada pertanyaan ini HRD ingin mengenalmu yang sebenarnya, baik dan burukmu. Tentunya gak ada manusia yang sempurna. Setiap orang pun memiliki kekurangan. Termasuk lulusan yang terbaik.

Pertanyaan ini berarti, bahwa mereka ingin melihat bagaimana cara kamu menghadapi masalah, dan bagaimana situasi bekerja denganmu setiap hari.

4. Menurut anda, apa definisi sukses?

Di pertanyaan ini, kamu jangan khawatir kalau pertanyaan yang kamu berikan terlalu besar.

Karena apa, gak ada jawaban yang benar dan salah untuk menilai jawaban dari pertanyaan ini. Karena, pertanyaan ini bertujuan untuk melihat visi kamu dan menyelaraskan dengan budaya perusahaan.

HRD juga ingin tahu kalau kamu bekerja untuk kepentingan pribadi atau untuk tujuan perusahaan.

5. Apakah kamu menganggap diri kamu orang yang beruntung?

Pada pertanyaan ini, HRD ingin mencari kandidat yang bisa menggabungkan sikap optimis diri dengan rasa terima kasihnya kepada faktor eksternal.

Sejumlah orang mungkin beranggapan bahwa mereka berhasil karena diri mereka sendiri, tanpa melihat adanya dukungan dari orang lain.

Maksudnya, kamu tidak boleh melupakan orang-orang yang selalu mendukung kamu untuk mencapai keberhasilan.

Nah, sudah tahu kan pertanyaan saat melamar kerja yang menjebak tadi. Semoga wawancara kamu berhasil, ya!

Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak