facebook

4 Cara Memperkuat Pernikahan, Harus Saling Membahagiakan!

Mutami Matul Istiqomah
4 Cara Memperkuat Pernikahan, Harus Saling Membahagiakan!
Ilustrasi pasangan (Freepik.com/prostooleh)

Kita harus selalu berusaha untuk mempertahankan pernikahan dengan cara menguatkannya dari dalam. Banyak orang terlalu sibuk dan merasa nyaman bahwa kehidupan pernikahannya baik-baik saja, namun hal tersebut bisa saja memudar seiring waktu. 

Berusaha agar hubungan pernikahan tetap kuat adalah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Apapun alasannya, kamu dan pasangan harus memiliki visi dan misi yang sama dalam mempertahankan hubungan rumah tangga.

Nah, beberapa cara di bawah ini merupakan hal yang bisa kamu lakukan sebagai bentuk cara memperkuat hubungan pernikahan.

1. Merencanakan keuangan

Banyak orang yang memutuskan untuk berpisah dengan alasan finansial yang berantakan. Makanya, kamu dan pasangan harus menempatkan kondisi finansial yang baik dalam hubungan kalian.

Jangan pernah berleha-leha sekalipun sudah punya banyak uang. Karena uang sebanyak apapun jika terus dipakai maka akan habis. Jadi, ketika kamu memakai uang, kamu juga harus berusaha untuk mendapatkannya kembali. 

Finansial yang baik memang bukan jaminan rumah tangga yang utuh. Namun, hal ini menjadi salah satu faktor penting agar kamu dan pasangan merasa bahagia dan bisa menjaga keutuhan rumah tangga. 

2. Berhubungan seks secara rutin

Jangan hanya bergairah ketika muda saja. Sekalipun sudah menikah dalam jangka waktu yang lama, hubungan seks tetap dibutuhkan. Ya, karena hal tersebut memang sebuah kebutuhan. 

Banyak orang yang merasa malas karena memang usia yang sudah tidak lagi muda. Apapun alasannya ketika kamu merasa sedikit terkendala dalam urusan ranjang, jangan pernah ragu maupun sungkan untuk berterus terang kepada pasangan maupun mencari bantuan kepada pihak yang bisa membantunya. 

Banyak suami yang berselingkuh maupun 'jajan' di luar karena istrinya tidak memenuhi kebutuhannya di ranjang. Sedangkan, perselingkuhan menjadi salah satu penyebab akut perceraian. Bahkan, banyak pula yang baru menikah beberapa hari, dan sudah harus berpisah karena urusan perselingkuhan ini. 

Memang betul, apapun alasannya perselingkuhan tidak bisa dibenarkan. Maka dari itu, kamu dan pasangan harus berusaha untuk memenuhi kebutuhan satu sama lain, sehingga segala yang kita inginkan cukup berada di rumah. Tidak perlu melibatkan orang lain.

3. Membesarkan anak bersama-sama

Membesarkan anak bersama-sama menjadi salah satu cara perekat hubungan rumah tangga. Membersamai anak tumbuh dan bisa melakukan berbagai hal akan membuat kamu dan pasangan memiliki keterikatan kepada anak. 

Seiring waktu kamu dan pasangan akan mulai pembicaraan perihal pendidikan anak. Intinya, kalau kamu dan pasangan bekerja sama untuk membesarkan anak, akan ada banyak hal yang membuat kamu dan pasangan menjadi kompak.

4. Bersenang-senang

Rumah tangga memang tidak selalu senang. Tentu saja akan banyak susahnya juga. Namun demikian, kamu dan pasangan tetap harus meluangkan waktu untuk bersenang-senang. 

Bersenang-senang itu tidak harus dengan hal yang mahal. Kamu dan pasangan tentu saja memiliki cara sendiri yang membuat kalian merasa senang. Misalnya, makan bersama, piknik, bersih-bersih rumah bersama, dan yang lainnya. 

Kebahagiaan yang didapatkan dengan cara yang sederhana justru akan memberikan kesan yang luar biasa. Maka, jangan menganggap bahwa bersenang-senang harus dengan banyak uang.

Itu dia 4 tips merekatkan hubungan rumah tangga. Semoga rumah tanggamu dan pasangan selalu dilimpahkan kebahagiaan dan kebersamaan sampai maut yang memisahkan, ya. Bahagia selalu!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak