facebook

4 Alasan Kamu Tidak Perlu Membandingkan Hubungan Baru dengan yang Lalu

Mutami Matul Istiqomah
4 Alasan Kamu Tidak Perlu Membandingkan Hubungan Baru dengan yang Lalu
Ilustrasi seseorang yang sedang membandingkan (Freepik.com/benzoix)

Banyak orang yang sering membandingkan hubungan yang sedang dijamin sekarang dengan hubungan yang ada di masa lalunya. Hal itu kerap dilakukan, terlebih lagi ketika mereka sedang memiliki sebuah masalah pada hubungannya yang sekarang. 

Membandingkan hubungan sebenarnya hal yang tidak perlu dilakukan. Hanya membuang waktu dan merugikan pikiran. Sayangnya, masih banyak yang kerap kali melakukan hal tersebut baik disengaja maupun tidak disengaja. 

Nah, di bawah ini merupakan beberapa alasan yang membuat kamu tidak perlu membandingkan hubungan di masa lalu dan hubungan yang saat ini sedang kamu jalani.

1. Tidak adil 

Bukankah merupakan sebuah hal yang tidak adil jika kamu terus membandingkan hubunganmu di masa lalu dengan hubunganmu yang sedang kamu jalani? Kamu harus menjaga perasaan pasanganmu dan menghargainya. 

Kamu harus tahu bahwa semua orang punya cara yang berbeda-beda untuk membentuk sebuah kebahagiaan. Tidak bisa disamakan. Maka dari itu, kamu harus paham dan lebih menghargai hubunganmu yang baru. 

2. Merusak kebahagiaan

Mengingat hal di masa lalu bukannya hanya akan membuat kamu merasa tidak bahagia? Apalagi seperti yang sudah saya tulis di atas, bahwa kebanyakan dari kita membandingkan hubungan yang baru dengan hubungan yang lalu ketika sedang memiliki masalah. Oleh karena itu, hal tersebut justru akan semakin memperburuk hal yang sedang kamu rasakan. 

3. Melabuhkan harapan yang tidak realistis

Kamu mungkin akan mengharapkan hubunganmu yang sekarang bisa berjalan seperti hubunganmu di masa lalu. Namun, hal itu adalah sebuah harapan yang tidak realistis. 

Bayangkan, sebuah hubungan tidak bisa disamakan. Orang yang kini ada di hatimu, tidak bisa mengubah dirinya menjadi seperti seseorang yang membersamaimu di masa lalu. 

Harapan yang tidak realistis akan membuat kamu kecewa dengan diri sendiri. Terlebih, hal itu bukanlah hal yang baik. 

4. Kehilangan yang baik

Tidak ada hubungan maupun orang yang sempurna. Hubunganmu di masa lalu pun, tidak sempurna, bukan? Hanya saja kamu sedang merasa kecewa dengan hubungan yang baru, sehingga kenangan baik di masa lalu menjadi pengganggu. 

Percaya tidak percaya, tidak ada orang yang sempurna. Ketika kamu sibuk mencari yang sempurna, maka kamu akan kehilangan yang terbaik, sehingga menjadikan kenangan baik di masa lalu menjadi pembanding adalah hal yang keliru. 

Ketika kamu memang mendapati sebuah masalah dalam hubungan, maka kamu harus fokus mencari jalan keluar, bukan malah merenungi diri dan hubungan yang sudah lagi tidak ada artinya. 

Itu dia 4 alasan yang membuatmu tidak perlu membandingkan hubungan baru dengan masa lalu. Semoga tulisan ini bermanfaat dan kamu bahagia selalu, ya! 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak