facebook

7 Tanda Ini Menunjukkan Kalau Kamu Punya Trust Issue

Winda L.
7 Tanda Ini Menunjukkan Kalau Kamu Punya Trust Issue
Ilustrasi pertemanan.[Pexels]

Kepercayaan adalah hal penting dalam hubungan apa pun, entah hubungan percintaan, keluarga, persahabatan, pekerjaan dan lain sebagainya. Trust issue sendiri dapat didefinisikan sebagai kondisi di mana seseorang sulit untuk percaya kepada orang lain. Penyebab kondisi tersebut pun beragam, mulai dari memiliki pengalaman yang kurang nyaman, pernah dikhianati, konflik dengan orang tua, sampai penolakan sosial. Lalu, apa saja tanda kalau kamu punya trust issue? Berikut tujuh tanda kalau selama ini kamu punya trust issue.

1. Selalu berasumsi yang terburuk

Seringkali orang yang memiliki trust issue memiliki kepercayaan yang buruk dengan orang-orang di sekitarnya, bahkan ketika mereka sudah melihat sendiri bagaimana orang-orang di lingkungannya sudah membuktikan bahwa mereka dapat dipercaya. Contohnya adalah saat seorang menawarkan bantuan kepadamu, lalu kamu berprasangka buruk bahwa mereka mengharapkan sesuatu darimu.

2. Selalu bersikap curiga

Mempunyai trust issue memang dapat membuatmu sering merasa curiga dengan niat orang lain, meskipun hanya sedikit yang menunjukkan bahwa tindakan mereka mencurigakan bahkan sebenarnya tidak mencurigakan. Saat kamu memiliki trust issue, kamu mungkin akan merasa orang yang akan membantumu seperti orang yang mencoba untuk menyakitimu atau menipumu.

3. Menyabotase diri

Masalah kepercayaan sering kali mengarah pada sabotase diri lho. Mungkin kamu sering menjumpainya? Atau mungkin kamu pernah mengalaminya sendiri? Misalnya, kamu mungkin merasa kalau lebih baik mengakhiri hubunganmu segera dengan seseorang, karena menganggap lebih baik mengakhiri sesuatu sekarang daripada berakhir kecewa nanti.

4. Memiliki hubungan yang tidak sehat 

Seorang yang memiliki kepercayaan hampir selalu berjuang untuk membangun hubungan yang sehat dan tahan lama. Dan mereka merasa wajar jika kepercayaan membutuhkan waktu untuk berkembang dalam sebuah hubungan. Akan tetapi, orang yang memiliki trust issue biasanya mereka jarang mengalami jenis koneksi ini. Sehingga membuat hubungan yang mereka jalin tidak sehat atau harmonis.

5. Sulit untuk memaafkan

Seorang yang sudah dikhianati, seringkali mereka akan sulit untuk memaafkan. Salah satu tanda kamu memiliki trust issue adalah kecenderungan sulit untuk memaafkan dan melupakan yang kemudian mempengaruhi seluruh hidupmu. Bukan hanya berpengaruh pada interaksi dengan orang lain. Hal tersebut dalam jangka panjang juga dapat menyebabkan perasaan bersalah, malu, kepahitan, dan penyesalan pada dirimu sendiri.

6. Suka menjauhkan diri

Dalam banyak kasus, kurangnya kepercayaan dapat membuat orang membangun tembok antara mereka dan orang lain. Ketika kamu suka menjauh dan menghindarkan diri dari hubungan dengan orang lain karena takut dikhianati atau kecewa, mungkin saja kamu memiliki trust issue selama ini?

7. Selalu negatif thinking 

Apa pun situasinya, kalau kamu selalu berfokus pada apa yang kamu harapkan pada orang lain, kamu akan salah. Seorang yang memiliki trust issue cenderung memperhatikan kekurangan, kelemahan, atau kesalahan orang lain daripada berfokus pada kualitas positif mereka. Untuk itu, cobalah untuk mengurangi pikiran negatif ini dari kepalamu.

Itulah tujuh tanda kalau selama ini kamu punya trust issue. Ketika masalah kepercayaan mengganggu kemampuanmu untuk membentuk hubungan yang sehat dan stabil, hal tersebut juga dapat membuatmu merasa sendiri, kesepian, dan disalahpahami oleh orang-orang di sekitarmu. Oleh karena itu, memiliki trust issue memang hal sulit atau bahkan masalah yang bukan kamu mau. Namun, yang harus kamu ingat bahwa membangun kepercayaan dalam sebuah hubungan adalah suatu hal penting yang dapat membuat hubunganmu menjadi lebih baik.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak