facebook

Kamu Pengguna Linkedin? Simak Tips agar Profil Linkedin Dilirik oleh HRD!

Nanik Srisunarni
Kamu Pengguna Linkedin? Simak Tips agar Profil Linkedin Dilirik oleh HRD!
Ilustrasi Profil Linkedin oleh Nanik Srisunarni. (Dok. Pribadi/nanik)

Ketika kamu menggunakan aplikasi Linkedin, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan personal brandingmu, termasuk profil pribadi. Ya, selain kamu harus bisa mengunggah CV terbaikmu yang menarik, kamu harus bisa membuat profil Linkedinmu semenarik mungkin dan tentunya dapat membantu kamu agar cepat dilirik oleh recruiter atau Human Resource.

Kali ini aku akan membagikan tips agar profil Linkedin dilirik oleh HRD! Simak dengan saksama, ya!

1. Foto profil

Hal pertama yang tentunya sangat penting adalah foto profil. Dari foto profil yang menarik dan profesional, tentunya akan menambah poin plus bagi kamu. Jangan pernah menggunakan foto profil sembarangan seperti foto-foto alay atau foto dengan banyak pose, ya!

2. Biodata

Satu hal yang jangan pernah kamu remehkan adalah mengisi biodata. Biodata yang lengkap dan menarik akan mampu menarik perhatian HRD. Jadi berusahalah untuk mempercantik biodatamu, ya! Tentunya biodata asli sesuai dengan diri kamu, jangan pernah mengisikan biodata atau identitas yang tidak benar, ya!

3. Lengkapi jenis pekerjaan dan keahlian yang kamu miliki

Hal ini sangat penting agar HRD bisa mengetahui informasi lengkap tentang pekerjaan dan keahlianmu. Ini akan sangat membantu HRD untuk mempertimbangkan apakah kamu sesuai dengan kualifikasi yang perusahaan mereka butuhkan. Jika kamu sesuai dengan kualifikasi mereka, maka kamu bisa dihubungi melalui kontak atau email yang kamu bubuhkan di profil Linkedinmu.

4. Kembangkan kualitas diri

Selain profil yang semenarik mungkin kamu suguhkan di Linkedin, kamu juga harus mempersiapkan diri dengan membekali dirimu dengan berbagai keahlian. Kamu harus bisa membuktikan kualitas diri kamu di depan para HRD saat kamu menjalani sesi interview nanti. Jangan sampai profil yang sudah kamu bangun sedemikian meanrik ternyata berbeda 180 derajat dengan penampilan kualitas kamu.

Setelah kamu lolos di tahap interview dan dinyatakan diterima di perusahaan tersebut, jangan terlena, ya, Kamu harus bisa membuktikan bahwa dirimu berkualitas melalui kinerja yang kamu miliki. Satu lagi, teruslah belajar dan belajar agar kualitas dirimu semakin berkembang!

Itu dia tips cerdas yang bisa kamu lakukan untuk menambah daya tarik profil linkedinmu. Semoga HRD suka dengan profilmu ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak