facebook

5 Cara Menyikapi Rasa Suka pada Lawan Jenis Setelah Menikah, Harus Tegas!

Mutami Matul Istiqomah
5 Cara Menyikapi Rasa Suka pada Lawan Jenis Setelah Menikah, Harus Tegas!
Ilustrasi seseorang berpikir (Freepik.com/Diana.grytsku)

Rasa suka sebenarnya tidak akan pernah padam dalam diri seorang manusia. Selayaknya menyukai makanan, tempat, pakaian, dan lain sebagainya, meskipun sudah menikah tetap mungkin seseorang merasa suka pada orang lain yang bukan pasangannya.

Rasa suka berbeda dengan rasa kagum, kamu harus memahami itu, ya. Hal tersebut merupakan salah satu ujian dalam pernikahan. 'Bagaimana seseorang menyikapi rasa suka kepada lawan jenis setelah menikah'. 

Tentu saja, setelah menikah kita tidak bisa main jatuh cinta ke satu hati kepada hati yang lain. Bagaimanapun, sudah ada janji suci ikatan pernikahan yang membuat kita harus bisa menjaga diri dan kehormatan. 

Nah, berikut ini ada beberapa cara menyikapi rasa suka pada lawan jenis setelah menikah. Simak baik-baik, ya.

1. Mengingat Tuhan 

Hal yang pertama, kamu harus mengingat Tuhan. Mengingat pasangan juga iya, tapi yang utama adalah mengingat Tuhan. Pasalnya, menikah tidak hanya kamu memberikan janji kepada pasangan saja, melainkan juga kepada Tuhan.

Kalau sudah mengingat Tuhan, seharusnya kamu bisa melangkah ke jalan yang benar, tetap menjaga diri dan kehormatan, mempertahankan keutuhan rumah tangga, dan menjadikan rasa suka yang baru saja tumbuh menjadi angin lalu yang tidak akan pernah lagi mengganggu. 

2. Mempererat hubungan dengan pasangan 

Bisa jadi, perasaan suka yang hadir terjadi karena hubungan rumah tangga antara kamu dan pasangan sedang tidak harmonis atau ada suatu hal yang kurang. Makanya, ketimbang sibuk memikirkan hubungan dengan orang baru, kamu harus memperbaiki hubungan rumah tangga mu terlebih dahulu. 

Kamu dan pasangan harus lebih terbuka satu sama lain menyelesaikan perasaan yang dirasakan, sehingga perasaan kurang atau kesal, bisa diatasi dengan baik. Jika hal itu diperbaiki, maka hubungan rumah tangga akan semakin erat, harmonis, dan menutup ruang untuk orang lain memasukinya. 

3. Menjaga jarak dari penyebab munculnya rasa suka pada orang lain 

Dari mana kamu bisa menyukainya? Melihat fotonya di media sosial? Atau melihatnya di suatu tempat? Usahakan, kamu harus menghindari hal itu. Misalnya, kamu melihatnya di media sosial, maka berhentilah menjadi pengikutnya. Hal itu merupakan cara yang aman agar kamu tidak selalu kepikiran. 

Kalau kamu menuruti rasa itu dan justru semakin sering melihat foto-fotonya di media sosial, kamu akan gagal menjaga dirimu sendiri. 

4. Menyalurkan energi kepada hal yang lain 

Ketika muncul perasaan yang membuatmu ingat kepada seseorang yang baru kamu suka, buru-buru sibukkan diri dengan aktivitas yang lain. Karena biasanya, ingatan dan perasaan itu muncul ketika kamu sedang tidak melakukan apapun. 

Dengan mengalihkannya kepada aktivitas atau kesibukan, kamu bisa mengendalikan perasaanmu sehingga tidak berjalan terlalu jauh. 

5. Tegas 

Selain tegas kepada orang lain, kamu juga harus tegas pada dirimu sendiri. Kamu harus menolak beberapa hal yang memang tidak seharusnya. Ketika kamu menyadari sebuah hal yang salah, maka kamu harus tegas pada dirimu sendiri untuk tidak menerimanya. Jangan selalu menelan mentah-mentah apapun yang ada. Termasuk perasaan.

Itu dia 5 cara menyikapi rasa suka kepada lawan jenis setelah menikah. Semoga bisa bermanfaat dan menjadi pengingat agar kita bisa menjaga diri demi keutuhan rumah tangga. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak