facebook

4 Cara Mengakui Kesalahan

Mutami Matul Istiqomah
4 Cara Mengakui Kesalahan
ilustrasi seseorang meminta maaf (Freepik.com/cookie_studio)

Tidak semua orang memiliki kemauan untuk mengakui kesalahannya. Banyak dari kita yang justru lari dari masalah dan menganggapnya tidak pernah terjadi. Apalagi kesalahan yang tidak diketahui orang lain, maka sebagian dari kita memilih untuk menyembunyikannya. 

Namun, jika kamu adalah satu dari sekian banyak orang yang memiliki keniatan untuk mengakui kesalahan, kamu adalah seseorang yang beruntung. Beruntung karena bisa menyelamatkan orang lain dari hal buruk yang mungkin akan terjadi padanya karena salahmu. 

Sayangnya, tidak sedikit dari kita yang merasa bingung perihal bagaimana cara mengakui kesalahan. Bagaimanapun itu bukanlah hal yang mudah. Nah di bawah ini adalah beberapa cara yang semoga bisa membantumu, ya!

1. Meyakinkan diri

Yang pertama kamu harus meyakinkan dirimu sendiri. Kamu harus ingat bahwa akan lebih baik jika kamu bertanggung jawab saat ini, meskipun mungkin tetap ada konsekuensi, namun akan lebih sedikit dan lebih baik ketimbang kamu mengakuinya suatu saat nanti. 

Yakin bahwa mengakui kesalahan adalah kebaikan dan kewajiban yang harus kamu lakukan. Sehingga kamu tidak akan terbebani dengan itu. 

2. Menemui orang yang kamu rugikan 

Ketika kamu berbuat suatu kesalahan kepada orang lain, maka temui dia. Beruntung kalau dia adalah orang yang dekat denganmu, orang yang mudah kamu temukan. 

Kalau kamu bersalah kepada seseorang yang mungkin kamu temui di jalan, tentu membutuhkan waktu untuk bisa kembali lagi menemukannya, bukan? 

3. Berterus terang 

Bagaimanapun orang tersebut merespon kedatanganmu, kamu harus berterus terang bahwa kamu sudah melakukan kesalahan, baik itu sengaja maupun tidak disengaja. 

Kalau mereka menerimamu dengan baik dan memaafkan, maka kamu harus berterima kasih dan berusaha untuk tidak mengulangi kesalahanmu. Kalau mereka belum bisa memaafkan, maka kamu harus memberi ruang dan waktu diiringi dengan pembuktian bahwa kamu bisa menjadi seseorang yang jauh lebih baik. 

4. Tidak perlu membuat banyak alasan 

Ketika kamu sudah Berterus terang bahwa kamu telah melakukan kesalahan, kamu tidak perlu membuat banyak alasan. Karena pada dasarnya, tujuanmu adalah mengakui kesalahan. Bukan mencari pembenaran. 

Bersikap paling benar ketika sedang meminta maaf kepada orang lain justru akan membuat kamu memberikan kesan yang kurang baik. Seolah antara niat dan tidak niat dalam meminta maaf. Kamu harus menunjukkan permintaan maaf yang tulus. Itu dia 4 cara mengakui kesalahan. Semoga bermanfaat, ya! 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak