facebook

5 Cara Hindari Circle Pertemanan Toxic Secara Perlahan, Diam-diam ya!

Rania Erin Oktiara
5 Cara Hindari Circle Pertemanan Toxic Secara Perlahan, Diam-diam ya!
Ilustrasi circle pertemanan (Pixabay.com/ashleyamos)

Terjebak dalam lingkaran pertemanan toxic sudah bukan hal asing lagi khususnya bagi para pelajar atau mahasiswa yang sedang beradaptasi di lingkungan mereka. Tidak hanya itu, bahkan di lingkungan pekerja pun hal ini juga sering terjadi.

Memiliki teman adalah salah satu hal yang menyenangkan, tapi perlu juga untuk menghindari teman yang toxic. Jangan sampai terjebak dalam circle pertemanan yang toxic tersebut.

Berikut ada 5 cara untuk menghindari circle pertemanan yang toxic kalau kamu malu untuk kabur secara terang-terangan.

1. Jarang ikut kumpul dengan mereka

Semakin jarang berbaur dengan mereka, maka semakin cepat pula kamu dilupakan. Oleh karena itu, cara ini sangat manjur dilakukan apabila kamu ingin perlahan keluar dari circle tersebut.

2. Selalu beri alasan yang logis ketika menolak ajakan mereka

Walaupun terkesan banyak alasan, tapi kenyataannya alasan yang logis juga bisa membuat mereka maklum dan berpikir bahwa kamu sudah tidak asyik lagi untuk diajak berkawan. Jangan sungkan untuk mengatakan bahwa apa yang mereka lakukan itu tidak baik dan tidak cocok dengan kepribadianmu.

3. Sering menunjukkan keakraban dengan teman di luar circle itu

Melihat kamu sudah memiliki teman baru, mereka akan tersadar bahwa kemungkinan besar kamu sudah tidak ingin lagi berbaur dengan circle lama yang kamu anggap toxic. Terlebih, kamu terlihat bahagia dan baik-baik saja meskipun tanpa mereka.

4. Sibukkan diri dengan kegiatan positif

Menyibukkan diri dengan kegiatan positif seperti melakukan hobi yang menyenangkan, ikut organisasi yang membangun keahlian diri, dan kegiatan positif lainnya juga bisa menghindarkan kamu dari circle toxic tersebut. Justru kamu akan mendapat wawasan serta teman baru yang lebih baik.

5. Tidak pernah nimbrung ketika mereka ramai di chat group

Setiap circle pertemanan tentu memiliki grup percakapan di beberapa aplikasi yang memudahkan mereka untuk berkomunikasi. Apabila kamu sungkan untuk left group, maka cukup dengan tidak pernah nimbrung percakapan mereka yang menurutmu tidak penting dan buang-buang waktu.

Nah, beberapa cara di atas bisa kamu lakukan apabila ingin keluar dari circle pertemanan yang toxic secara perlahan. Jangan sampai kita menyakiti hati orang lain atau meninggalkan image buruk selama berteman.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak