facebook

Kamu Mahasiswa dan Biaya Hidupmu Tinggi? Yuk Mulai Lakukan Pekerjaan Ini!

Nanik Srisunarni
Kamu Mahasiswa dan Biaya Hidupmu Tinggi? Yuk Mulai Lakukan Pekerjaan Ini!
Ilustrasi mengajar (Dok. pribadi/Nanik Srisunarni)

Biaya hidup terkadang membuat sebagian besar orang merasa kesulitan untuk memenuhinya. Apalagi, jika biaya hidup tersebut terbilang tinggi dan tidak diiringi dengan penghasilan yang tinggi pula. Tentu, hal ini akan menambah masalah baru dalam hidup seseorang, termasuk bagi para mahasiswa.

Idealnya mahasiswa dapat mengikuti perkuliahan tanpa khawatir memikirkan soal keuangan untuk membayar biaya kuliah ataupun untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari di perantauan.

Namun, nyatanya tak semua mahasiswa berasal dari keluarga yang kecukupan, sehingga mereka mau tak mau harus menempuh jalan dengan bekerja agar kebutuhan kuliahnya bisa terpenuhi.

Jika kamu adalah salah satunya, maka sangat tepat jika kamu membaca artikel ini. Aku akan memberikan beberapa referensi pekerjaan yang bisa kamu lakukan di sela-sela waktu longgar kuliahmu agar bisa mencukupi kebutuhan kuliah dan biaya hidupmu di perantauan.

1. Content Writer

Pekerjaan satu ini sangat cocok bagi kamu yang suka menulis, menulis tentang banyak hal. Kamu bisa mencari informasi di Google untuk mendapatkan situs mana yang bisa membantumu untuk mengisi konten tulisan di sana sehingga kamu bisa mendapatkan penghasilan.

Kamu bisa memilih situs yang sesuai dengan kemampuan kamu, misalnya kamu suka menulis konten berupa tips sehari-hari, atau berita dan lain sebagainya, Yoursay.com ini bisa jadi media untuk kamu mulai menulis. 

2. Graphic Designer

Bagi kamu yang pandai membuat desain, pekerjaan satu ini bisa jadi alternatif untuk kamu yang sedang membutuhkan tambahan dana. Kamu bisa menjadi seorang freelancer dengan menawarkan jasa pembuatan design berbagai produk seperti logo, desain sertifikat, banner, dan lain sebagainya.

3. Content Creator

Bagi kamu mahasiswa yang memiliki kreatifitas yang tinggi, kamu bisa memanfaatkan berbagai media sosial seperti Tiktok dan aplikasi lainnya untuk kamu berkreasi. Kamu bisa membuat berbagai konten sesuai dengan minat kamu dan mendapatkan penghasilan dari kegiatan tersebut. Tidak hanya menyenangkan dan menambah kreatifitas, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan.

4. Tenaga pengajar

Jika kamu memiliki minat dan bakat dalam pengajaran, kamu bisa mengisi waktu luangmu dengan menjadi guru les privat atau guru bimbel di lembaga. Selain bisa mengemangkan kemampuanmu dalam mengajar, kamu bisa menambah pengalaman dan tentunya mendapatkan penghasilan.

Itu dia pekerjaan yang bisa kamu lakukan ketika kamu menjadi mahasiswa. Dengan memanfaatkan keahlilan minat dan bakatmu, kamu bisa menambah uang jajanmu untuk biaya hidup di rantauan. Jadilah mahasiswa yang cerdas dan kreatif ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak