facebook

3 Hal yang Dapat Menjadi Penyebab Kesepian, Kamu Merasakan?

Adira Putri Aliffa
3 Hal yang Dapat Menjadi Penyebab Kesepian, Kamu Merasakan?
Ilustrasi orang sedang gelisah (Pexels.com/MartProduction)

Kesepian adalah hal yang mungkin pernah dirasakan oleh semua orang di muka bumi ini. Apapun golongan dan kelas sosialnya, pasti banyak dari mereka yang pernah merasa kesepian. Penyebabnya pun bisa bermacam-macam, ini dia 3 dari banyaknya penyebab kesepian! Simak sampai habis ya, supaya kamu tidak merasa kesepian lagi!

1. Pikiranmu Sendiri

Bisa dibilang pikiran adalah akar dari segala yang kamu rasakan juga lakukan. Bisa jadi ketika kamu merasa kesepian itu hanyalah intermezzo dari pikiranmu sendiri. Padahal, sebenarnya kamu tidak kenapa-kenapa. Semua baik-baik saja.

Kamu masih punya teman yang bisa kamu hubungi kapan saja. Lagipula, bila mereka tak bisa kamu ajak bertemu, masih ada keluarga, tetangga, dan orang-orang sekitar yang bersedia menemani juga membantumu.

Terkadang, kamu terlalu membentuk pikiranmu sendiri untuk merasa kesepian. Jadi, kamu merasa sulit untuk melihat dunia yang sangat luas ini. Mulai sekarang, yuk bangun mindset kalau kamu itu tidak pernah sendirian, ok?

2. Kamu Terlalu Membatasi Dirimu

Hal kedua yang bisa menjadi penyebab kamu merasa kesepian adalah karena kamu terlalu membatasi dirimu sendiri. Maksudnya kamu terlalu menyempitkan segala sesuatu di sekitarmu.

Kadang bisa jadi kamu tidak sadar, ketika kamu merasa kesepian, kamulah yang menciptakannya. Misal kamu pilih-pilih untuk berteman, tidak ingin memperluas relasi, kamu terlalu nyaman melakukan semuanya sendiri, kamu membatasi bertemu orang lain, dan banyak sekali contoh bahwa kamu membatasi dirimu.

Mulai sekarang, yuk berhenti membatasi dirimu! Karena ada banyak sekali orang-orang baik dan hal-hal indah di dunia ini yang mampu menciptakan pengalaman yang baik untukmu.

3. Terlalu Terpaku dengan Kehidupan Orang Lain

Penyebab yang ketiga ini yang paling mungkin mempengaruhi. Bisa jadi tanpa sadar, selama ini kamu terpaku dengan kehidupan orang lain dan standar hidup mereka.

Misal ada orang yang memiliki banyak sekali teman dan dikelilingi orang-orang baik, itu menjadikanmu merasa kurang atas orang-orang yang bertahan di sisimu. Hal ini akan membuatmu merasa kesepian karena kamu terlalu terpaku pada kehidupan orang lain.

Padahal, kamu kan punya hidupmu sendiri. Yuk, sekarang fokus di jalan hidupmu sendiri dan orang-orang baik yang mengitarimu! Supaya kamu lebih menghargai mereka dan tidak merasa kurang atas apapun.

Itu dia tadi 3 hal yang bisa jadi penyebab kamu merasa kesepian. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak