facebook

Mau Lanjut Kuliah S2 Tapi Tak Ada Biaya? 5 Beasiswa Ini Bisa Jadi Solusinya

Nanik Srisunarni
Mau Lanjut Kuliah S2 Tapi Tak Ada Biaya? 5 Beasiswa Ini Bisa Jadi Solusinya
Ilustrasi mahasiswa (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi adalah impian semua orang, termasuk melanjutkan pendidikan S2. Namun, tak sedikit dari kita yang terhalang oleh biaya. Akhirnya, kita pun menjadi kebingungan dan frustasi dibuatnya.

Ada yang akhirnya memilih untuk bekerja saja, ada pula yang bekerja sambil menempuh pendidikan S2, dan ada pula yang berjuang mencari beasiswa sana-sini mati-matian agar tetap bisa melanjutkan pendidikannya.

Apapun pilihannya, tidak ada yang salah. Semua usaha dilakukan demi tetap bisa melanjutkan hidup dan meraih cita-cita. Keadaan ekonomi yang kurang mendukung memang sangatlah sulit, tapi bukan berarti hal itu menjadi tantangan yang malah membuat kita putus asa.

Tak ada salahnya pula jika kamu mencoba untuk mencari beasiswa yang bisa membantumu meng-cover biaya kuliah S2. Kira-kira apa saja beasiswa tersebut? Yuk, intip 5 beasiswa S2 yang bisa bantu kamu lanjutkan pendidikan!

1. LPDP

Lembaga satu ini sudah sangat populer bagi para pemburu beasiswa baik dalam dan luar negeri. Beasiswa ini biasa dibuka pada bulan April sampai dengan bulan Mei untuk pendaftarannya. 

2. Dexa Award

Kamu bisa mencoba mengajukan beasiswa Dexa Award karena beasiswa ini memberikanmu kesempatan untuk bisa melanjutkan S2 di kampus manapun dan jurusan apapun yang kamu inginkan. Kamu bisa mengikuti timeline pendaftaran beserta syarat lengkapnya di website resminya ya.

3. Bidikmisi S2

Bagi kamu yang pernah mendapatkan beasiswa S1 Bidikmisi, jangan khawatir karena kamu masih berkesempatan untuk mendapatkan beasiswa di jenjang selanjutnya. Beasiswa ini mencangkup biaya kuliah dan biaya hidup sampai kamu lulus lho!

4. Beasiswa Tanoto Foundation

Kamu juga bisa mencoba mendaftar beasiswa Tanoto Foundation di semua jurusan yang kamu inginkan. Untuk persyaratannya bisa kamu lihat di website resminya ya!

5. Beasiswa S2 Dikti/Kemendikbud

Beasiswa satu ini diperuntukkan bagi kamu yang tertarik menjadi tenaga pengajar. Jika kamu mendapatkan beasiswa ini, kamu akan secara otomatis terdaftar sebagai calon dosen lho!

Itu dia lima beasiswa S2 yang bisa kamu pertimbangkan untuk melanjutkan pendidikan. Kamu bisa mengecek persyaratan masing-masing beasiswa di website resmi masing-masing agar informasi yang didapat jauh lebih lengkap ya! Semangat mengejar cita-cita!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak