facebook

Remaja Wajib Tahu, 3 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Beranjak Dewasa

Adira Putri Aliffa
Remaja Wajib Tahu, 3 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Beranjak Dewasa
Ilustrasi remaja (Unsplash.com/Antonino Visalli)

Bagi sebagian orang, dewasa adalah fase kita akan menerima banyak sekali tanggung jawab, risiko, dan beban. Pasalnya, dalam fase ini, kita dibentuk untuk menjadi sosok yang lebih kuat dengan hal-hal tadi. Mau tidak mau, siap tidak siap, ya kita harus menjalani hidup ini dan melewati fase dewasa itu.

Hidup harus terus berjalan dan waktu tak akan pernah bisa diputar ke belakang, bukan? Supaya kamu semakin siap untuk tumbuh dewasa, ini dia 3 hal yang harus kamu ketahui! Yuk simak sampai habis!

1. Harus Belajar Ikhlas atas Apa yang Sudah Lepas

Ikhlas adalah hal yang paling penting kamu kamu terapkan di kehidupanmu. Apalagi di dunia yang semakin ada-ada saja rintangan dan cobaannya ini. Pasti akan ada saat di mana kamu akan merasakan kehilangan.

Ketika kamu sudah berada di fase itu, kamu harus mengikhlaskannya. Memang sedih sih pada awalnya, tapi ya pada akhirnya kamu juga harus belajar buat rela dan menyadari bahwa tidak semua orang harus selalu bersamamu selamanya.

Akan ada saatnya mereka datang juga pergi. Mungkin memang sulit untuk kamu lakukan. Gapapa, pelan-pelan aja, setiap orang butuh waktu yang beda-beda untuk bisa ikhlas sepenuhnya. Yang penting terus usaha saja dan berpikir bahwa “dari yang pergi akan selalu ada yang datang sebagai pengganti”, ok?

2. Jadikan Kecewa dan Gagal sebagai Anak Tangga Pendewasaan

Terkadang ketika kamu semakin beranjak dewasa, kamu akan menemukan banyak gagal dan kecewa yang membuatmu merasa terpuruk. Gapapa, kalau mau menangis dan sedih, lakukan saja.

Terima setiap rasa yang datang, lalu setelah menerimanya kamu harus berdamai dengannya. Berdamai dengan setiap luka yang datang menyapa. Bentuk juga pemikiran bahwa semua pasti akan berakhir baik-baik aja.

Jadikan kecewa dan gagalmu itu sebagai anak tangga pendewasaan yang membentukmu menjadi pribadi yang jauh lebih baik, lebih kuat, dan lebih siap untuk menjadi seseorang yang hebat di masa depan nanti.

3. Jadikan Dunia sebagai Panggung untuk Memunculkan Potensi Terbaikmu

Sejalan dengan umurmu yang semakin lama ada di dunia ini, pasti ada banyak pengalaman yang kamu punya. Maka dari itu, terus tingkatkan potensi dan kepercayaan dirimu di segala situasi. Selalu berikan yang terbaik semaksimal mungkin.

Jadikan dunia ini sebagai panggung untuk menjalankan peran besar yang sudah Tuhan titipkan padamu. Jangan pernah ragu dengan mimpi dan dirimu sendiri, ya!

Dengan adanya kamu di dunia ini, pasti selalu ada rencana besar juga hebat yang Tuhan beri untukmu. Tugasmu hanya percaya, berusaha, dan berdoa untuk menemukan rencana hebat itu, ok?

Itu dia tadi 3 hal yang perlu kamu perhatikan saat beranjak dewasa. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak