facebook

Benarkah 5 Hal ini Dialami oleh Fresh Graduate? Yuk Simak Ulasan Ini!

Nanik Srisunarni
Benarkah 5 Hal ini Dialami oleh Fresh Graduate? Yuk Simak Ulasan Ini!
Ilutrasi Fresh Graduate. (Pixabay.com)

Menjadi sarjana adalah impian semua mahasiswa perguruan tinggi. Banyak hal dilakukan agar bisa menyeleseikan studinya tepat waktu dan menyandang gelar sesuai dengan bidang ilmu yang diambilnya. Euforia setelah berhasil melewati rangkain tugas akhir dan sidang kelulusan pun terasa sangat dinantikan. 

Namun, terlepas dari euforia yang dirasakan para mahasiswa akhir, ada fase selanjutnya yang lebih menegangkan. Ya, setelah dinyatakan lulus dan menyandang gelar sarjana dan diformalitaskan melalui prosesi wisuda, kita akan dipertemukan dengan jendela hidup yang selanjutnya.

Kita akan dihadapkan pada banyak pertimbangan-pertimbangan terkait dengan kehidupan dan masa depan serta rumitnya menjadi dewasa. Terutama dalam hal pekerjaan, kita akan dihadapkan pada pahit dan asam getirnya perjalanan untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang kita impikan. 

Selain pekerjaan, tentu ada persoalan-persoalan lain yang akan kita alami pasca lulus dari bangku kuliah. Kira-kira apa sajakah itu? Yuk, simak 5 hal yang akan dialami fresh graduate pasca lulus kuliah yang mungkin related dengan yang kamu alami sekarang.

1. Kebingungan arah

Hal pertama yang sangat mungkin terjadi pada para fresh graduate adalah kebingungan menentukan arah. Kita akan kebingungan kemana akan melangkah selanjutnya.

Apakah akan melanjutkan studi, bekerja, atau melanjutkan studi sambil bekerja yang tentunya ketiga pilihan tersebut memiliki sisi positif dan negatifnya masing-masing.

2. Pilih fungsi atau gengsi

Ketika menjadi mahasiswa mungkin kita akan sering mengedepankan gengsi, tapi ketika kita sudah lulus maka kita harus sadar bahwa fungsi jauh lebih utama daripada gengsi.

Misalnya saja ketika kita tidak memiliki kendaraan pribadi atau memang belum bisa mengendarainya, maka kita akan memilih berjalan kaki untuk berpergian jarak dekat daripada mengendarai ojek online. Atau mengutamakan membeli barang yang dibutuhkan daripada barang bermerek yang hanya untuk bergaya saja.

3. Kejutan Kerja

Kita mungkin saja akan kaget mendapati lingkungan kerja yang tak sesuai dengan ekspektasi kita. Ternyata kerja tak semudah yang kita bayangkan dan harus menelan pahit manisnya pekerjaan yang dijalani.

4. Susahnya mencari pekerjaan

Tidak memiliki penalaman dan skill yang menjadi bekal kita, tentu akan membuat kita kesulitan mendapatkan pekerjaan. Kita akan kebingungan hendak bekerja apa dan apa yang bisa kita lakukan untuk memulai kerja. Oleh karenanya penting bagi kita untuk memperbanyak pengalaman selama masih berstatus mahasiswa.

5. Kebanggaan tersendiri ketika menerima gaji pertama

Hal ini sangat wajar tetrjadi karena kita bisa mandiri dan memiliki hasil dari kerja keras dan keringat kita sendiri. Berapapun hasilnya, tetap sangat bernilai daripada tidak memiliki penghasilan sama sekali.

Itu dia lima hal yang terjadi pada fresh graduate, related sama kamu?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak