facebook

Ini 5 Macam Sumber Stres yang Paling Sering Dialami, Bagaimana dengan Kamu?

Nanik Srisunarni
Ini 5 Macam Sumber Stres yang Paling Sering Dialami, Bagaimana dengan Kamu?
Ilustrasi stress.[Pixabay.com]

Tanpa disadari kegiatan kita sehari-hari memiliki risiko stres yang tinggi, bahkan hanya karena hal-hal sepele. Keadaan ini sangat perlu untuk segera diatasi agar tidak menimbulkan dampak yang serius. Dampak dari stres yang tidak diatasi sangat beragam, mulai dari dampak psikologis maupun dampak fisik.

Dampak psikologis misalnya rentan mengalami depresi, mengalami gangguan cemas dan gangguan mood, serta berbagai gangguan lain yang tidak kita sadari. Lalu, untuk gangguan fisik misalnya kulit menjadi kusam, timbul jerawat, rentan mengalami penyakit, nafsu makan turun, dan lain sebagainya. 

Lalu, apa saja ya pemicu stres yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari? Yuk simak ulasan berikut ini!

1. Lingkar pertemanan

Lingkar pertemanan yang tidak sehat akan sangat mempengaruhi kondisi perasaanmu. Kamu akan lebih rentan mengalami gangguan psikologis. Untuk itu kamu perlu untuk memilah lingkar pertemanan mana yang harus kamu pertahankan.

2. Urusan kerja

Persoalan kerja yang kompleks seringkali memicu stres berlebih apalagi jika lingkungan kerjamu adalah lingkungan yang kompetitif dengan persaingan yang ketat. Kamu akan kewalahan baik fisik maupun mental. Oleh karena itu, kamu perlu mencari alternatif dan solusi agar persoalan kerja bisa teratasi dengan baik.

3. Perubahan hidup

Perubahan hidup yang drastis seperti peralihan dari mahasiswa menjadi pekerja atau peralihan dari pekerja menjadi ibu rumah tangga dan sebaliknya tentu akan terasa sangat berat. Jika tidak mampu mengelola emosi, maka bisa saja kamu mengalami stres dan depresi. 

4. Konflik keluarga

Konflik keluarga adalah konflik paking menyakitkan. Dimana keluarga adalah tempat yang seharusnya dapat menjadi rumah bagi kita tapi nyatanya malah sebaliknya. Perlu adanya keterbukaan dan komunikasi yang efektif agar permasalahan yang terjadi segera teratasi sehingga tidak menimbulkan stres dan tekanan berlebih.

5. Konflik dengan pasangan

Apa jadinya jika pasangan yang seharusnya menjadi tempat berlabuh justru menjadi tempat yang tidak aman bagi kita? Tentu sangat menyulitkan bukan? Walaupun terkesan sepele, pertengkaran sekecil apapun dengan pasangan akan sangat berpotensi menimbulkan stres bagi kita. 

Lima hal di atas akan sangat mengganggu dan membuat kita stres jika kita tidak mampu untuk menyikapi dengan bijak.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak