facebook

Lakukan 5 Cara Ini Supaya Hubunganmu dan Keluarga Harmonis

Anisa Rachma Agustina
Lakukan 5 Cara Ini Supaya Hubunganmu dan Keluarga Harmonis
Ilustrasi Keluarga (Pexels/August de Richelieu)

Menjaga hubungan baik dengan keluarga adalah kewajiban setiap anggota keluarga, baik dengan keluarga inti maupun dengan keluarga jauh. Yang harus anda ingat dan tanamkan adalah bahwa ketika ada sesuatu hal yang terjadi dengan anda entah itu hal buruk atau hal baik orang yang pertama akan mengulurkan tangan dan bantuan adalah keularga Anda. Maka dari itu sangat diperlukan untuk senantiasa berbuat baik dengan keluarga.

Terkadang beberapa hal membuat beberapa keluarga putus hubungan hal ini disebabkan karena kurangnya komunikasi antara kedua belah pihak. Keluarga adalah tempat kita berbagi segala hal dari suka, duka, tawa, kecewa, harapan, dan canda tawa. Keluarga yang sehat akan menjadikan kita menjadi pribadi yang positif. Karena keluarga adalah pondasi pendidikan pertama untuk anak-anak. Maka dari itu sangat penting menjalin hubungan baik diantara anggota keluarga.

Berikut 5 cara menjaga hubungan baik dengan keluarga:

1. Tidak Berkata Kasar

Usahakan tidak berkata kasar di lingkugan kelurga, meskipun anda sering berkata kasar dengan teman tongkrongan anda. Sebagai orang dewasa anda harus tahu mana kata yang baik diucapkan untuk keluarga dan kata untuk bahasa tongkrongan. Anda harus bisa membedakan itu.

2. Selalu Sigap Membantu

Sebagai mahluk sosial kita selalu butuh bantuan orang lain, saat keluarga anda butuh bantuan anda usahakan sigap membantunya. Karena suatu saat anda pasti juga akan membutuhkan bantuannya.

3. Tidak Memperebutkan Warisan

Banyak sekali keluarga terpecah belah karena masalah ini, masalah yang bahkan dapat membuat satu keluarga tidak akur. Masalah ini adalah masalah warisan. Jadi usahakan saat bapak dan ibu masih hidup warisan dibagi sesuai porsi dan kebutuhannya. Jangan sampai saat oran tua sudah meninggal anak-anaknya bukan berbondong-bondong mendoakannya, namun malah berebut warisan karena masih ada rasa iri dengki.

4. Selalu Menjaga Hubungan Baik dengan Keluarga

Usahakan selalu menjaga hubungan baik dengan keluarga, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi konflik yang ada. Apabila ada masalah keluarga hendaknya diselesaikan bersama, apabila sukar dapat meminta pertimbangan orang yang dianggap bijaksana seperti tokoh desa atau pemangku agama. Jangan sering membicarakan aib keluarga kepada orang lain itu juga merupakan cara menjaga hubungan baik dengan keluarga.

5. Jangan Melempar Pertanyaan-Pertanyaan yang Menyakitkan

Hal yang bisa memperkeruh hubungan di keluarga adalah melempar pertanyaan basa-basi namun menyakitkan. Seperti "Kapan menikah? Sudah gede kok belum nikah-nikah, kapan punya anak? Itu si Enda sudah punya anak 5, kapan punya rumah sendiri, masa sudah nikah bertahun-tahun masih numpang orang tua" Pertanyaan-pertanyaan seperti itu sering kali diucapkan, tak jarang orang yang dilemparkan pertanyaan tersebut hanya akan tersenyum tanpa membalasnya, namun ia akan kepikiran sampai di rumah. Dan akan membuatnya enggak untuk kembali ngobrol dengan Anda. Hindari pertanyaan tersebut supaya hubungan keluarga anda aman.

Itu merupakan 5 cara menjaga hubungan baik dengan keluarga. Jaga hubungan anda dengan keluarga anda salah satunya dengan menjaga lisan anda.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak