facebook

Besar atau Kecil Gaji yang Kamu Dapatkan, Kesehatan Mental Wajib Kamu Jaga!

Nanik Srisunarni
Besar atau Kecil Gaji yang Kamu Dapatkan, Kesehatan Mental Wajib Kamu Jaga!
Ilustrasi Pekerjaan yang Membosankan. (Pixabay.com)

Memiliki gaji atau pendapatan yang tinggi adalah impian semua karyawan dimanapun berada. Memang sangat realistis bila gaji sangat menunjang kinerja dan motivasi karyawan untuk bekerja secara maksimal sesuai dengan bidang pekerjaannya. Tapi, nyatanya dalam dunia kerja tak semua keinginan kita akan berjalan sesuai ekspektasi kita. Adakalanya apa yang kita impikan teryata jauh dari kenyataan.

Ada yang memiliki gaji yang tinggi tapi harus menelan pahitnya lingkkungan kerja yang toxic dan adapula yang memilliki gaji kecil tetapi memiliki lingkungan kerja yang menyenangkan. Semua diluar kendali kita, tapi kita bisa mengusahakan yang terbaik untuk menjaga kesehatan mental kita.

Untuk menjaga kesehatan mental di lingkungan kerja, maka kamu perlu melakukan beberapa hal berikut ini:

1. Buat rencana keuangan

Hal ini penting agar kamu bisa memperkirakan bagaimana alokasi uang yang kamu miliki agar kamu dapat membagi gaji untuk memenuhi kebutuhan jangka dekat, jangka panjang dan saving untuk masa depan. Jangan sampai kamu kelabakan dalam mengatur keuangan ya!

2. Olahraga dan jaga pola makan

Kamu perlu rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan empat sehat lima sempurna agar badanmu tetap fit. Kamu juga harus menjaga pola makan, hal ini penting karena fisik yang sehat akan menunjang mental yang sehat pula.

3. Melakukan aktivitas kesukaan

Lakukan hobi secara rutin untuk mengisi hari-harimu agar tidak penat dan membosankan. Dengan melakukan aktivitas kesukaan juga dapat membuat kamu lebih produktif dan tentunya sehat secara mental.

4. Berbagi cerita kepada orang terpercaya

Bagikan unek-unek dan keluh kesahmu kepada orang yang kamu percaya, misalnya pasangan atau keluarga. Hal ini penting karena kamu tidak bisa menyimpan sampah pikiran terlalu banyak di otakmu. Kamu harus mengurainya satu per satu agar kamu lega.

Demikian 4 hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mental saat bekerja. Sedikit atau banyak gaji yang kamu dapatkan, kamu harus tetap memperhatikan kesehatan mental kamu ya! Karena kesehatan mentalmu amat berharga! Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu yang lagi merasakan penatnya dunia kerja. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak