facebook

4 Tips agar Bisa Bahagia dengan Mudah, Generasi Muda Wajib Tahu!

Adira Putri Aliffa
4 Tips agar Bisa Bahagia dengan Mudah, Generasi Muda Wajib Tahu!
Ilustrasi anak-anak muda (Pexels.com/Helena Lopes)

Seiring dengan kehidupan yang semakin ketat persaingannya, kadang hal itu membuat beban dan tanggung jawabmu lebih banyak. Ditambah lagi dengan beban dan tanggung jawab yang lain. Hal tersebut juga tak jarang membuat merasa sedih, tertekan, dan stres.

Pikiran dan perasaanmu pun seolah seringkali ditutupi oleh keresahan, keraguan, dan kekhawatiran yang kamu buat sendiri. Sampai kamu terlalu sibuk hanyut di dalamnya dan lupa bagaimana cara untuk bahagia. Apabila sudah begitu, rasanya kamu perlu membaca artikel ini sampai habis.

Yuk, langsung saja simak 4 tips agar kamu lebih mudah bahagia di tengah riuhnya keresahan di kepala.

1. Buka Mata, Pikiran, dan Perasaan

Hal pertama yang bisa kamu lakukan agar kamu lebih mudah bahagia adalah buka mata, pikiran, dan perasaanmu, supaya kamu bisa menyadari apa yang sedang kamu rasakan.

Ketika kamu merasa resah dan khawatir, cobalah untuk menerima perasaan itu. Sadari kalau kamu itu sedang khawatir. Setelah itu, baru kamu bisa memikirkan bagaimana cara rasa khawatir dan resah itu tidak terus-terusan menganggumu.

2. Hargai Hal Baik Sekecil Apapun Itu

Apabila kamu sudah berhasil menerima keresahan dan kekhawatiranmu. Hal yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah berdamai dengan rasa-rasa itu. Lalu, kamu bisa kembali bahagia dengan menghargai hal-hal baik sekecil apapun yang ada di sekitarmu.

Misalnya, kamu bahagia karena hari ini kamu bisa minum kopi kesukaanmu, hari ini kamu bahagia karena bisa berkumpul dengan keluargamu yang lengkap, dan lain-lain. Ketika kamu sudah berhasil bahagia dari hal-hal sederhana itu, keresahan dan kekhawatiranmu bisa lebih terkontrol.

3. Nikmati yang Sedang Kamu Lakukan Sekarang

Ketika kamu sudah berhasil mengontrol keresahan itu, kamu jadi bisa menikmati hal-hal yang sedang kamu lakukan sekarang. Dengan menikmati yang sedang kamu lakukan, kamu jadi bisa lebih bahagia dan melakukan yang terbaik.

4. Jangan Terlalu Sering Melihat ke Belakang dan ke Depan

Terlalu memikirkan masa lalu dan masa depan, bisa jadi hal yang paling berpengaruh untuk kebahagiaanmu. Sebenarnya tak apa melihat ke belakang untuk evaluasi diri dan taka pa juga melihat ke depan untuk mempersiapkan sesuatu yang lebih baik.

Namun, jangan terlalu fokus pada keduanya, fokuslah pada masa sekarang. Dengan itu kamu bisa lebih mengontrol apa yang kamu lakukan dengan baik.

Itu dia tadi 4 tips agar kamu bisa lebih mudah bahagia di tengah riuhnya keresahan di kepala! Semoga artikel ini bermanfaat ya dan semoga kamu bisa lekas bahagia!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak