facebook

Segera Ubah! Ini 4 Dampak Buruk Jika Kamu Terlalu Bersikap Keras Kepala

Anang wan
Segera Ubah! Ini 4 Dampak Buruk Jika Kamu Terlalu Bersikap Keras Kepala
ilustrasi merenung (pexels/mentatdgt)

Halo sobat semua, setiap orang pasti memiliki sikap keras kepala. Hal inilah yang juga membuat orang memiliki ego yang tinggi. 

Nah, sikap yang seperti ini sebaiknya harus kamu hindari, deh! karena akan berdampak negatif pada kehidupanmu. Ubah pola pikir menjadi lebih bijak, hilangkan perasaan negatif dan teruslah berpikir positif.

Dengan kita berpikir positif, secara tidak langsung kita juga memotivasi diri kita untuk menjadi lebih baik lagi.

Nah, untuk kamu yang belum tahu dampak negatif terlalu bersikap keras kepala. Berikut penjelasannya, dan simak sampai akhir, ya!

1. Kamu susah untuk mengenali mana yang salah dan yang benar secara utuh

Untuk kamu yang sudah beranjak ke usia dewasa, atau bahkan masih remaja. Kamu pasti sudah tahu kan mana yang baik dan mana yang buruk.

Kita semua dikaruniai akal pikiran, gunanya untuk apa? Untuk membedakan mana sih hal yang baik dan mana yang buruk.

Nah, jika kamu terlalu bersikap keras kepala, efeknya kamu akan susah untuk menentukan mana sih hal yang salah dan yang benar.

2. Kamu sulit untuk menjadi orang yang terbuka akan sebuah perbedaan

Pola pikir yang tertutup cenderung dimiliki oleh orang yang keras kepala. Karena, kamu yang bersikap keras kepala tidak bisa atau sulit untuk menerima sebuah perbedaan.

Karena kamu selalu mementingkan ego mu. kamu terus saja berpikir kalau apa yang menurut kamu benar  harus disetujui oleh orang-orang disekitarmu.

3. Emosi kamu menjadi tak stabil 

Terlalu bersikap keras kepala untuk mempertahankan ego itu tidak baik. Bahkan, kamu bisa saja melakukan hal apa saja agar apa yang menurut kamu itu benar bisa diterima oleh orang-orang.

Cobalah untuk berpikir bijak, jika hal itu terus dilakukan. Tentu akan merugikan diri kamu sendiri. 

4. Kamu akan menyesal jika nanti egomu gagal tercapai

Penyesalan pasti akan datang di akhir. Setiap orang pasti pernah menyesal atas perbuatan yang pernah ia lakukan.

Ini juga akan dirasakan jika kamu terlalu bersikap keras kepala demi mencapai egomu. Karena apa, karena obsesimu terhadap ego itu terlalu kuat membuat kamu tidak bisa menyesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki.

Sehingga, disaat kamu gagal, kamu baru akan menyesalai perbuatan yang selama ini kamu anggap benar (padahal itu hal yang salah).

Nah, untuk itu mari kita coba untuk sama-sama berubah menjadi orang yang lebih bijak dalam menyikapi sesuatu.

Jangan sampai, kamu selalu dibuat menyesal dengan ego yang terus kamu pertahankan. Semoga artikel ini bermanfaat dan menginspirasi, ya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak