facebook

6 Etika Bertamu yang Sopan agar Tidak Mengganggu Tuan Rumah

Rania Erin Oktiara
6 Etika Bertamu yang Sopan agar Tidak Mengganggu Tuan Rumah
Ilustrasi bertamu ke rumah orang (Pexels.com/mentatdgt)

Orang adalah makhluk sosial yang berarti saling membutuhkan orang lain. Di era serba digital ini tidak jarang apabila membutuhkan sesuatu langsung chat ke orang yang bersangkutan. Namun, seringkali memilih untuk bertemu langsung dengan orang tersebut secara langsung dan bertamu. Ternyata dalam bertamu juga ada etikanya, loh! Meskipun sudah mengenal orang itu sangat dekat, namun bertamu ke rumah orang lain juga memerlukan etika yang harus dipahami. Hal ini bertujuan supaya tidak mengganggu tuan rumah dan menunjukkan kesopanan dalam bertamu. Simak selengkapnya 5 etika bertamu yang baik agar tidak mengganggu tuan rumah berikut ini!

1. Membuat janji terlebih dulu

Hal ini bertujuan untuk menghindari kesibukkan orang yang bersangkutan dan bisa bertemu di waktu yang telah disepakati. Etika ini juga bertujuan untuk menghindari bertamu di waktu yang tidak tepat, seperti waktu istirahat, tidur, ibadah, dan bekerja.

2. Jangan masuk sebelum dipersilahkan dan ucapkan salam ketika masuk ke rumah

Meskipun tuan rumah adalah orang terdekat, alangkah sopan apabila tetap menerapkan etika tersebut. Biarkan tuan rumah yang mempersilahkan terlebih dahulu. Lalu jangan lupa untuk mengucapkan salam ketika masuk ke rumahnya.

3. Duduk di tempat yang dipersilahkan oleh tuan rumah

Setelah mengucapkan salam, duduklah di tempat yang telah dipersilahkan oleh tuan rumah. Duduk dengan posisi yang baik. Jangan mengangkat kaki di kursi atau tidur-tiduran di sofanya.

4. Jaga lisan dan sikap

Kita tidak pernah tahu siapa saja orang yang berada di rumah itu dan apa yang mereka lakukan. Oleh karena itu, penting untuk menjaga lisan dan sikap selama bertamu. Jangan meninggikan nada suara meskipun sedang tertawa terbahak-bahak sekalipun agar tidak mengganggu orang lain.

5. Makan hidangan yang disuguhkan oleh tuan rumah

Hal ini bertujuan untuk menghargai tuan rumah yang telah menyuguhkan makanan atau minuman untuk kita. Meskipun kita tidak menyukainya, makan atau minumlah sedikit untuk menghargai pemberiannya.

6. Segera pamit pulang apabila keperluan sudah selesai

Jangan berlama-lama di rumah orang lain karena kita tidak tahu kesibukan apa yang ia tunda untuk menyambut kita. Hal ini juga dikhawatirkan akan merepotkan tuan rumah dan mengganggu aktivitas lainnya. 

Itulah 5 etika bertamu yang baik agar tidak mengganggu tuan rumah. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak