facebook

Lakuakan 5 Cara Ini Supaya Kamu Produktif

Anisa Rachma Agustina
Lakuakan 5 Cara Ini Supaya Kamu Produktif
Ilustrasi Malas (Pexels/Andrea)

Menjadi manusia produktif adalah dambaan setiap orang. Ingin sekali rasanya melakukan hal-hal yang bisa bermanfaat untuk orang lain dan diri kita. Bukan hanya menghabiskan waktu untuk scroll media sosial lalu waktu kita terbuang sia-sia karena kemalasan melanda. Malas datang secara tiba-tiba, terkadang kita sudah berniat melakukan sebuah aktivitas namun terganjal karena malas dan kebiasaan menunda.

Padahal memunda itu tidak baik, dengan menunda pekerjaan berarti kita menabung pekerjaan dihari berikutnya. Yang seharusnya kita bisa menyelesaikan pekerjaan kita hari ini harus tertunda karena kita malas dan menumpuknya di hari esok. Ingatlah sebuah pepatah yang mengatakan “gunakan masa mudamu, sebelum datang amasa tuamu. Gunakan masa sehatmu sebelum datang sakitmu. Gunakan masa hidupmu sebelum kematian menjemputmu” dengan mengingat pepatah demikian kita akan lebih bersemangat untuk menjalani hari. Karena kita tidak pernah tahu kapan Tuhan akan mengambil nyawa kita.

Lalu apa yang bisa dilakukan para kawula muda supaya dapat terus produktif menjalani hari-harinya. Dalam artikel ini kami akan membahas 5 cara produktif saat malas melanda.

Berikut merupakan 5 cara produktif:

1.  Lihat Kembali List Pencapaian atau Goals Tahunan

Apakah anda adalah seseorang yang sering menuliskan goals atau tujuan pada selembar kertas atau pada buku boullet journal? Jika iya coba anda buka kembali saat anda malas mengerjakan segala hal.

Banyak mimpi yang harus digapai, banyak tujuan yang harus tercapai. Apabila anda hanya mengabiskan waktu untuk rebahan maka rencana-rencana hanya akan menjadi wacana saja.

2. Sering Mendengarkan, Membaca dan Menonton Video Motivasi

Saat anda malas melakukan segala hal coba anda melihat, menonton dan mendengarkan beberapa video motivasi. Seseorang dapat sukses karena kerja kerasnya maka dari itu anda harus senantiasa bekerja keras supaya anda dapat mewujudkan cita-cita anda.

3. Lihat Pencapaian Orang yang Kamu Idolakan

Setiap orang pasti memiliki sosok idola dalam hidupnya, saat anda ada di titik terendah dan kemalasan melanda anda. Coba anda melihat pencapaian idola anda, dengan demikian anda akan semangat untuk kembali produktif dan melaksanakan berbagai aktifitas anda.

4. Kenali Diri Anda dan Cari Tahu Penyebab Kemalasan Anda

Kenali diri anda supaya anda tau penyebab kemalasan dalam diri anda, apakah karena anda sedang putus cinta, patah hati atau tidak memiliki uang. Coba tuliskan dan list masalah yang menyebabkan anda menjadi malas. Setelah itu pecahkan dan lawan rasa malas anda.

5. Bangun dan Bergerak

Saat anda malas melakukan segala hal, hanya ingin rebahan dan menghabiskan waktu di kasur sembari membuka sosial media. Anda harus bangun dan bergerak. Anda harus memaksa diri anda untuk mau melakukan aktivitas, seperti olah raga, menekuni hobi dan menjadikan aktivitas scroll media sosial sebagai hiburan bukan aktivitas khusus.

Lakukan kegiatan positif yang membuatmu produktif. Ikuti 5 langkah supaya kamu bisa menjadi manusia produktif dan melawan rasa malasmu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak