facebook

Lakukan 4 Cara Ini untuk Mengubah Hidup Menjadi Lebih Baik!

Rozi Rista Aga Zidna
Lakukan 4 Cara Ini untuk Mengubah Hidup Menjadi Lebih Baik!
Ilustrasi bekerja dengan gigih (Pixabay.com/089photoshootings)

Setiap seseorang ingin hidupnya menjadi lebih baik, lebih maju, lebih berkembang, dan semakin berkualitas. Kita tidak ingin menjalani kehidupan ini sama seperti kemarin alias berjalan di tempat, atau bahkan lebih buruk dari sebelumnya. Masing-masing individu ingin tambah sukses dan kian berhasil. Lalu, bagaimana caranya agar kehidupan kita bertambah hari bertambah baik?

Berikut empat cara agar kehidupan kita berubah menjadi lebih baik.

1. Jangan menunda pekerjaan

Seringnya menganggap remeh sebuah pekerjaan, kita dengan mudah menunda melakukannya. Namun, tanpa disadari, lambat laun menunda pekerjaan telah berubah menjadi kebiasaan. Kebiasaan inilah yang sangat merugikan. Padahal, jika kita dapat mengerjakan pekerjaan dengan cepat, maka waktu yang kita gunakan juga semakin banyak, dan pikiran kita tidak terbebani oleh pekerjaan yang makin lama dibiarkan akan semakin menumpuk.

2. Susun rencana dan segera laksanakan

Memiliki banyak kegiatan dan menjadwal segala sesuatunya adalah tindakan yang sangat baik. Apalagi merencanakan segala tindakan yang menguntungkan, baik bagi diri sendiri maupun bagi orang lain. Jangan sampai rencana tersebut menjadi sia-sia hanya karena selalu ditunda dan akhirnya gagal dilakukan.

Jika kita sudah mempunyai banyak rencana, bahkan sudah terjadwal dengan rapi, maka segeralah laksanakan. Selesaikan jadwal yang telah disusun sedemikian rupa itu sehingga segala sesuatunya mampu terlaksana dengan baik. Jika kita sudah berhasil, maka kita dapat membuat rencana lain dan kembali menyusun jadwal. Teruslah begitu, maka kita tidak akan melewatkan berbagai kesempatan yang dapat menguntungkan diri sendiri maupun orang lain. Oleh karena itu, tetaplah konsisten pada rencana dan jadwal yang telah disusun.

3. Berbuat baiklah semampu kita

Sesungguhnya manusia adalah makhluk sosial yang mempunyai sifat-sifat baik dan segala perbuatan baik. Tetapi, kadang sifat-sifat baik dan perbuatan baiknya dikalahkan oleh hawa nafsu, keegoan, keserakahan, dan keburukan lain yang terdapat pada diri. Jika kita ingin membantu orang lain, maka lakukanlah. Membantu tidak hanya dengan materi (uang), namun bisa dengan cara lain, seperti solusi, dukungan, pikiran, tenaga dan lain sebagainya.

4. Rajin beribadah dan jangan menunggu tua

Ketika masih muda, kita sering melupakan ibadah kepada Tuhan lantaran kita sibuk dengan pekerjaan duniawi. Kita sering mementingkan kekayaan, takhta dan kesenangan-kesenangan yang bersifat keduniaan. Hidup memang butuh pekerjaan dunia, tetapi jangan sampai meninggalkan urusan ibadah.

Inilah empat cara agar bisa mengubah hidup menjadi lebih baik lagi. Selamat mempraktikkan! Semoga sukses.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak