facebook

7 Manfaat Mencatat Daftar Belanja, Lakukan Ini Supaya Keuanganmu Stabil

Anisa Rachma Agustina
7 Manfaat Mencatat Daftar Belanja, Lakukan Ini Supaya Keuanganmu Stabil
Ilustrasi Belanja (Pexels/Anna Shvets)

Belanja merupakan sebuah kegiatan yang menyenangkan, untuk sebagian orang menganggap belanja adalah sebuah healing atau dijadikan sebagai refresing. Dengan melihat berbagai produk tertata rapi di rak, sudah membuat hati terasa senang dan bahagia. Belum lagi suara roda troli yang mengitari tiap lorong pusat perbelanjaan yang membuat setiap orang merasa bahagia.

Belanja kebutuhan biasanya dilaksanakan sebulan sekali, para pekerja akan memilih waktu weekend setelah menerima gaji untuk menyempatkan berbelanja. Manfaat dari belanja bulanan adalah dapat menghemat waktu dan memastikan ketersediaan barang selama satu bulan dalam rumah. Apabila kebutuhan pokok sudah terpenuhi maka kamu tinggal membeli kebutuhan pendukung seperti sayur-mayur dan lauk-pauk yang tidak bisa di beli dalam waktu bersamaan.

Ketika kamu sudah membiasakan belanja bulanan, maka tidak akan ada lagi drama kehabisan sabun di tengah bulan atau shampo yang tidak cukup untuk keramas. Karena setiap kebutuhan telah tercukupi dengan stok yang sudah diperhatikan dengan matang. Sebelum melakukan belanja bulanan, hendaknya kamu wajib mencatat hal-hal yang akan kamu beli. Supaya setelah sampai supermarket kamu tidak kebingungan dengan berbagai kebutuhan yang hendak kamu pilih.

Dalam artikel ini kami akan membahas 7 manfaat mencatat daftar belanja:

1. Supaya Dapat Berhemat

Dengan mencatat daftar belanja kamu jadi bisa menghemat, karena kamu tau mana yang harus dibeli dan tidak. Pengeluaran juga dapat diperkirakan dengan jumlah barang belanjaan yang hendak kamu beli. Kamu juga tidak akan asal-asalan mengambil barang yang tidak kamu butuhkan, karena tidak ada dalam list daftar belanjamu.

2. Tidak Ada Barang yang Terlewat

Seringkali kita merasa kesal apabila ada barang yang terlewat saat belanja, padahal itu barang yang sangat penting. Namun karena lupa, alhasil kita tak membelinya. Dengan mencatat setiap kebutuhan yang hendak dibeli kamu akan meminimalisirkan barang-barang itu terlewat.

3. Mengetahui Perkiraan Pengeluaran Belanja

Dengan mencatat daftar belanja kita dapat memperkirakan pengeluaran kita, karena kita bisa melihat rank harga jual produk yang hendak kita beli di mesin pencari seperti Google, sehingga kita tidak akan over budget saat belanja.

4. Lebih Terstruktur

Manfaat ke empat adalah membuat kita menjadi lebih terstruktur. Membeli barang-barang yang memang kita butuhkan dan dengan mencatat daftar belanjaan kita akan menghemat waktu. Karena tak perlu lagi mengingat-ingat apa yang habis di rumah, namun tinggal mengambil barang sesuai kebutuhun kita.

5. Mengurangi Keinginan Membeli Barang yang Tidak Digunakan

Musuh dari seseorang yang sedang berbelanja adalah keinginan untuk membeli semua hal yang terpajang di toko, seolah-olah ia akan menggunakannya. Dengan mencatat daftar belanja kamu tidak akan tergoda untuk membeli sesuatu yang tidak penting dan tidak kamu butuhkan. Karena itu akan mubadzir dan sia-sia.

6. Belajar Manjemen Keuangan

Manfaat lain dari mencatat daftar belanja adalah kamu belajar manajemen keuangan. Apabila sedari gadis kamu bisa melakukan manajemen keuangan dengan baik, maka setelah menikah kamu tidak akan kelimpangan untuk mengatur keuangan dalam rumah tangga. Kebutuhan rumah tangga lebih komplek dari pada kebutuhanmu saat kamu masih lajang.

7. Dapat Menjalankan Perencanaan Keuangan dengan Baik

Manfaat yang terakhir adalah dengan mencatat daftar belanja kamu dapat menjalankan perencanaan keuangan dengan baik. Misal budget belanja bulan Juni adalah Rp. 100.000 maka kamu harus mengoptimalkan uang tersebut untuk membeli apa yang kamu butuhkan. Dengan demikian kamu akan bisa menabung untuk masa depan.

Itulah 7 manfaat mencatat daftar belanja. Catatlah keperluanmu supaya tidak ada barang yang terlewat dan gunakan cara ini untuk membantu menghemat dalam kehidupanmu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak