facebook

Hindari Lakukan 3 Hal Jahat Ini pada Dirimu Sendiri, Bila Ingin Bahagia!

Adira Putri Aliffa
Hindari Lakukan 3 Hal Jahat Ini pada Dirimu Sendiri, Bila Ingin Bahagia!
Ilustrasi laki-laki yang sedang mendengarkan musik (Pexels.com/AndreaPiacquadio)

Terkadang, saking inginnya kamu tampil sempurna dan membahagiakan semua orang, kamu malah lupa dengan kebahagiaan diri sendiri. Hal tersebut tentunya tak baik untuk kesehatan mentalmu.

Secara tak langsung dan tanpa kamu sadari, kamu memusatkan kehidupanmu pada pandangan dan perasaan orang lain. Sampai di mana kamu tak bisa merasa bahagia. Yuk mulai sekarang hindari lakukan 3 hal jahat ini pada dirimu sendiri, bila ingin bahagia seutuhnya!

1. Menyalahkan dan Menghakimi Diri Sendiri

Hal pertama yang harus kamu hindari adalah menyalahkan dan menghakimi dirimu sendiri atas semua kesalahan yang terjadi. Padahal, sebenarnya semua yang terjadi itu tak sepenuhnya salahmu.

Kamu tak sepenuhnya memegang kendali atas semuanya. Misal ketika kamu gagal atau ditinggalkan orang yang kamu sayang, jangan beranggapan bahwa kamu yang selalu bersalah atas hal itu.

Ingat lagi, bahwa ada takdir Tuhan yang menentukan. Ketika yang terjadi tak sesuai dengan harapan, padahal kamu sudah mati-matian memperjuangkannya, yasudah berarti hal tersebut bukan takdirmu.

Tuhan ingin memberikan jalan dan hadiah lain yang lebih baik untukmu, ok? Mulai sekarang, yuk berhenti terus-terusan menyalahkan dan menghakimi diri sendiri! supaya kamu bisa kembali menjalani hidup ini dengan ambisimu lagi,

2. Mempertahankan Hubungan Toxic

Sadar tidak sadar, bertahan pada hubungan yang toxic bisa menjadi hal jahat yang kamu lakukan pada dirimu sendiri. Hal tersebut dikarenakan kamu membiarkan perasaanmu terus-terusan disakiti dalam hubungan yang tidak sehat.

Lebih parahnya lagi ketika kamu sudah buta dengan rasa sakit itu karena rasa sayang yang kamu miliki. Wah, kalau sudah begitu, lebih baik akhiri saja hubungannya. Rasa sayang itu saling mengisi dengan bahagia, bukan dengan luka.

Kalau sudah tahu sakit, tapi masih terus bertahan karena sayang ya sama saja kamu melukai dirimu sendiri. Please, let him/her go, 'cause you deserve to be happy, ok?

3. Merasa Harus Memenuhi Ekspektasi Orang Lain

Yang berhak menjalani hidupmu itu ya cuma dirimu sendiri. Orang lain tidak ada sangkut pautnya. Mungkin ya berperan sedikit dengan saran dan arahan yang mereka berikan, tapi tidak sepenuhnya berperan juga, apalagi sampai mengatur-atur jalan hidupmu. Sampai di mana kamu malah merasa harus memenuhi standard dan ekspektasi yang mereka buat untukmu.

Misalnya standar kecantikan itu harus putih, langsing, rambut panjang, gigi rapi, tinggi, dan lain-lain. Lalu, kamu berusaha untuk mengikuti standar itu sampai kamu lupa menjadi dirimu sendiri. Tanpa sadar dengan kamu melakukan hal itu, kamu sudah jahat dengan dirimu sendiri.

Padahal, arti dari kecantikan itu luas, jadilah cantik dengan versi terbaik dari dirimu sendiri, jangan menurut versi orang lain. Nanti kamu malah capek sendiri. Mulai sekarang be the best version of yourself aja ya dalam hal apapun karena kamu sudah terlahir istimewa, kok tanpa harus mengikuti standar ini itu dari orang lain, oke?

Itu dia tadi 3 hal jahat yang harus kamu hindari! Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak