facebook

Selain Pacar, Ini 6 Hal yang Bisa Kamu Jadikan Support System

Adira Putri Aliffa
Selain Pacar, Ini 6 Hal yang Bisa Kamu Jadikan Support System
Ilustrasi orang-orang dewasa sedang berkumpul (Pexels.com/Jopwell)

Support system adalah hal yang paling penting untuk menunjang semangat dan kepercayaan diri dalam menggapai mimpi. Banyak orang yang menganggap bahwa support system harus diperankan oleh seorang pacar, pasangan, doi, kakak adikan, dan sejenisnya.

Padahal sebenarnya, support system bisa diperankan oleh siapa saja. Bahkan pada benda tak hidup sekalipun. Kamu penasaran, hal apa saja yang bisa kamu jadikan support system? Yuk simak artikel ini sampai habis!

1. Keluarga

Sosok pertama yang bisa kamu jadikan support system selain doi adalah keluarga. Ya semua orang tahu, keluarga jadi aspek paling penting untuk dijadikan penyemangat.

Dengan kehadiran keluarga, secara otomatis semangatmu akan terpacu. Apalagi bila orang tuamu masih ada. Pasti rasa ingin membahagiakan dan membanggakan meraka selalu ada. Nah, jangan sampai kita terlalu sering melihat ke luar, kita malah lupa dengan support system terdekat kita ya!

2. Teman

Selanjutnya ada teman. Semua orang tahu, kehadiran teman di dunia ini sangatlah berarti. Tanpa teman hidup kita tidak akan bewarna. Dengan adanya meraka, kita jadi lebih bisa menjadikan hidup ini lebih bermakna.

Apalagi, bila kita dikelilingi oleh teman-teman yang positif, yang bisa memberikan pengaruh baik bagi kita dan selalu mendukung setiap keputusan baik yang kita ciptakan. Tentunya itu akan jadi support system terbaik untuk kita. 

3. Idola

Selain kedua sosok tadi, sosok yang satu ini juga bisa kamu jadikan support system terbaik. Sepertinya, sebelum artikel ini ditulis, sudah banyak yang menjadikan idola sebagai support system mereka ya?

Misalnya para fans Justin Bieber, Fiersa Besari, Kpop Boyband, Najwa Shihab, Maudy Ayunda, Jerome Polin, Tsana (Rintik Sedu), dan lain-lain. Semua orang pasti banyak yang menjadikan mereka support system yang membuat mereka semangat meraih mimpi. 

4. Buku 

Nah, yang ketiga ini adalah support system yang paling berbeda dari ketiga tadi. Buku juga bisa kamu jadikan penyemangat dalam meraih mimpimu, lho.

Misalnya buku-buku self improvement, self empowerment, psikologi, novel, dan genre yang sekiranya bisa memberikan titik terang untukmu. Bahkan, tokoh fiksi yang terdapat dalam buku juga bisa kamu jadikan support system.

Dengan mempelajari dan mengambil sikap baik yang mereka lakukan di suatu cerita, itu akan membuatmu mendapatkan pengaruh positif. Namun, harus kamu ingat bahwa mereka itu tak nyata, jadi gemari saja karakternya. 

5. Lagu dan Podcast

Lagu dan podcast juga bisa kamu jadikan support system terbaikmu. Dengan mendengarkan lagu penyemangat atau podcast yang berisi kalimat penenang, ceramah, atau cerita yang sejalan dengan masalahmu, itu akan membuat mentalmu membaik.

Hal itu bagus untuk menunjang mood-mu. Maka dari itu, lagu dan podcast sangat cocok untuk kamu jadikan support system non fisik. 

6. Hobi

Siapa sangka, kegiatan yang sering kita lakukan bisa menjadi support system terbaik kita. Ketika kita melakukan hal-hal yang kamu sukai maka semangatmu akan lebih terpacu karena adanya alasan yang membuatmu ingin terus menjalani harimu yakni, hobimu. Dengan adanya hobi, kamu juga akan merasa hidupmu jauh lebih berarti.

Nah, itu dia tadi 6 hal yang bisa kamu jadikan support system selain ayang. Semoga bermanfaat ya! Terus semangat bertahan dan berjuang dalam menjalani hidup yang kadang memberatkan ini ya, sobat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak