facebook

4 Latihan Menyenangkan untuk Membuat Anak Banyak Bergerak

Hellen Nurdiana
4 Latihan Menyenangkan untuk Membuat Anak Banyak Bergerak
Ilustrasi Bermain di Luar Ruangan (Pixabay/Smiling_Vivian)

Menghabiskan waktu di luar ruangan tidak hanya menyenangkan tetapi juga sangat diperlukan bagi anak-anak. Anak-anak yang bermain di luar lebih bahagia, lebih perhatian, dan tidak mudah cemas jika dibandingkan dengan anak-anak yang menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan. 

Mendorong anak-anak untuk menggerakkan tubuh mereka sangat bermanfaat tidak hanya untuk kesehatan fisik mereka saja tetapi juga untuk perkembangan mental dan kognitif mereka. Bermain aktif tidak hanya baik untuk tubuh, tetapi juga dapat membantu fungsi otak menjadi lebih baik.

Berikut empat aktivitas dan permainan menyenangkan yang dapat dilakukan bersama anak untuk menjaga kebugaran fisik, yang dirangkum dari laman pinkvilla.

1. Bermain Lompat Tali

Lompat tali untuk anak-anak tidak pernah ketinggalan zaman, banyak yang menjadikan lompat tali sebagai permainan hingga untuk olahraga. Lompat tali adalah permainan yang sangat menyenangkan untuk dimainkan bersama teman atau sebagai aktivitas kebugaran saat sendiri. Permainan ini sangat bagus karena tidak memerlukan banyak peralatan atau ruang yang luas, lompat tali juga cocok untuk dimainkan anak-anak dari segala usia dan kemampuan.

2. Berlari

Lari sangat bagus untuk anak-anak. Menguji anak-anak melalui balapan lari atau permainan kejar-kejaran membantu mereka mendapatkan kepercayan diri pada kemampuan mereka dan apa yang mereka capai, yang sangat penting untuk melatih mental dan juga kebahagiaan anak-anak.

Semakin banyak waktu yang kita habiskan untuk aktif di luar ruangan, semakin baik kesehatan dan kebahagiaan kita secara keseluruhan. Anak-anak sama seperti orang dewasa, mereka juga perlu mendapat manfaat dari udara segar dan aktivitas luar ruang karena dapat melepaskan endorfin dalam tubuh, yang dapat membuat perasaan menjadi lebih baik.

3. Berkebun

Berkebun merupakan salah satu kegiatan sehat dan menyenangkan bagi anak-anak. Berkebun memungkinkan anak-anak untuk menerapkan apa yang telah mereka pelajari di sekolah, bereksperimen, dan berbagi apa yang telah mereka pelajari dengan orang lain. Berkebun juga mengajarkan pengasuhan, kesabaran, kebanggaan, dan kebiasaan makan yang sehat, serta memmbiarkan anak-anak saling berbagi kepada anak-anak lainnya.

4. Menari

Menari adalah bentuk latihan yang bagus, dan mengajarkan anak-anak untuk menari sejak usia muda dapat mendorong mereka untuk tetap aktif. Fleksibilitas, rentang gerak, kekuatan fisik, dan stamina anak-anak semuanya bisa didapatkan dari menari. Sejauh ini, menari adalah aktivitas termudah dan paling menyenangkan untuk anak-anak dan juga orang dewasa. Menari juga bisa dilakukan dimana saja, dan bisa menjadi latihan kardio harian bagi anak anak.

Itulah empat aktivitas dan permainan menyenangkan yang dapat dilakukan bersama anak. Jadi bagi para orang tua, luangkanlah waktu sebisa mungkin untuk bisa memainkan salah satu permainan dan aktivitas yang menyenangkan tersebut, selain membuat anak-anak sehat dan ceria hal tersebut juga dapat membantu para orang tua untuk selalu memperhatikan tumbuh kembang anak-anak.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak