facebook

4 Sisi Buruk Jika Terlalu Ambisius dalam Hidup, Kamu Jadi Rentan Stres!

Riva Khodijah
4 Sisi Buruk Jika Terlalu Ambisius dalam Hidup, Kamu Jadi Rentan Stres!
Ilustrasi stres (freepik.com/senivpetro)

Memiliki target untuk diraih itu penting. Adanya target atau tujuan bisa membuat hidupmu jadi terarah, sehingga waktu yang ada selalu digunakan untuk hal-hal produktif. Meski begitu, terlalu ambisius dalam mencapai target bisa berpengaruh buruk bagi kehidupanmu, lho. Berikut empat sisi buruk jika terlalu ambisius dalam menjalani hidup.

1. Hidup jadi rentan stres

Hal buruk yang umum terjadi jika kamu terlalu ambisius, yakni hidup jadi gampang sekali stres. Ini disebabkan kamu menyamakan nilai berharganya dirimu pada torehan berbagai prestasi yang dimiliki. Cara pandang seperti itu gak baik, lho.

Terlalu ambisius bikin hidupmu terasa hampa kalau sedang tak mengerjakan apa-apa atau ketika sedang bersantai. Padahal, hidup perlu seimbang, lho. Bagaimanapun tubuh dan pikiranmu butuh istirahat.

2. Sulit bangkit ketika gagal

Sisi buruk selanjutnya dari sikap terlalu ambisius, yaitu kamu sulit menerima kegagalan. Ketika gagal, sulit sekali untuk bangkit. Hal ini disebabkan cara pandang keliru tadi, yakni memandang prestasi atau keberhasilan sebagai bagian dari nilai diri.

Cobalah untuk lebih toleran terhadap diri sendiri. Akui, bahwa kamu manusia biasa yang bisa pula mengalami kegagalan. Gagal itu bukan suatu aib, kok.

3. Sering membanding-bandingkan diri

Sumber stres lainnya dari pribadi yang terlalu ambisius, adalah kecenderungan untuk membanding-bandingkan diri. Karena gak mau kalah saing, kamu selalu sibuk melihat sana-sini yang dianggap lawan. Hidup seperti itu gak akan tenang, lho.

Orang yang bijak adalah mereka yang fokus pada pencapaian pribadi, dan sadar bahwa tiap individu punya jalan hidupnya masing-masing. Maka dari itu, jangan sering membanding-bandingkan diri lagi, ya. Gak baik!

4. Capek lahir batin

Orang yang terlalu ambisius umumnya memiliki ego tinggi. Orang yang memiliki ego tinggi biasanya sulit sekali memercayai orang lain, apalagi meminta bantuan. Akibatnya, kamu jadi capek sendiri karena semua hal mesti kamu yang mengerjakan.

Bila memang beban kerjamu berat, cobalah belajar untuk mendelegasikan. Dan jangan sungkan pula meminta bantuan orang lain. Meminta tolong dan mengakui kelemahan diri bukanlah suatu hal yang memalukan, lho. Memang sudah kodratnya manusia ada kelebihan dan kekurangan, serta miliki keterbatasan.

Itu dia empat sisi buruk jika terlalu ambisius dalam menjalani hidup. Segera benahi, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak