facebook

5 Tips agar Introvert Mudah Akrab dengan Orang yang Baru Dikenal

Rania Erin Oktiara
5 Tips agar Introvert Mudah Akrab dengan Orang yang Baru Dikenal
Ilustrasi introvert akrab dengan orang baru (Pixabay.com/StockSnap)

Menjadi seorang introvert rupanya perlu keberanian ekstra untuk mulai kenalan dengan orang baru di lingkungan mereka. Hal ini bertujuan supaya untuk menambah relasi dan tidak ketinggalan informasi penting saat tidak hadir dalam forum tertentu.

Tak jarang seorang introvert canggung dan sangat grogi ketika mulai pembicaraan, bingung harus mulai darimana, dan takut salah bicara. Introvert memang terkenal pendiam apabila belum kenal dengan orang baru. Tapi jangan salah, mereka sebenarnya hanya bingung untuk memulai.

Berikut ini akan dibagikan 5 tips introvert agar mudah akrab dengan orang yang baru dikenal. Simak selengkapnya!

1. Berkenalan dengan percaya diri

Memperkenalkan diri pada orang yang baru dikenal harus percaya diri. Lakukan dengan sapaan terlebih dulu, lalu tanyakan nama, tempat tinggal, dan hal lainnya yang ingin sekali kamu ketahui tentangnya asalkan tidak lupa batas privasi, ya!

Setelah kamu tahu namanya, jangan lupa untuk menyapa apabila bertemu di lain waktu. Hal ini sangat penting agar orang tersebut juga tidak menilai kamu lupa dengannya.

2. Ajak ngobrol topik yang sesuai dengan posisi kamu berada 

Contoh misalnya apabila kamu bertemu dengan orang yang baru dikenal itu sebagai teman satu kelas, maka bisa dengan membahas tentang pelajaran yang diminati atau membahas sekolah sebelumnya tempat kalian belajar.

Menyesuaikan topik sesuai dengan tempat kamu berada ini sangat penting agar tidak keluar dari topik pembicaraan semula, yang dikhawatirkan lawan bicara malah tidak nyaman ngobrol denganmu.

3. Jangan merasa mudah minder

Hal ini sering terjadi apabila introvert bertemu dengan introvert. Waduh, bisa-bisa obrolan jadi garing. Tapi tenang saja, kamu tidak perlu merasa minder atau bingung apabila lawan bicaramu hanya menjawab singkat.

Bisa saja ia juga merasa canggung karena pertama kali ngobrol denganmu. Kamu harus tetap percaya diri dan sudahi obrolan bila memang tidak ada lagi yang dibicarakan.

4. Kembangkan topik obrolan

Misalnya saja kamu dan orang yang baru dikenal itu adalah teman satu kampus. Kalian bisa membahas kelebihan seputar kampus tersebut, lalu kembangkan membahas jurusan masing-masing, kos, mata kuliah, dan lain sebagainya. Hal ini bertujuan agar obrolan tidak monoton.

5. Jangan lupa ajak bercanda dan beri respons positif

Ada saatnya lawan bicara melontarkan candaan yang menurutmu tidak terlalu lucu. Namun demikian, kamu harus bisa membalasnya dengan respons positif seperti ikut tertawa atau tersenyum. Kamu juga bisa membalas dengan candaan lainnya.

Nah itu dia beberapa tips introvert agar mudah akrab dengan orang yang baru dikenal. Jangan lupa percaya diri dan semangat! 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak