facebook

4 Cara Memanfaatkan Media Sosial dengan Baik dan Bijak, Bisa untuk Promosi!

Rania Erin Oktiara
4 Cara Memanfaatkan Media Sosial dengan Baik dan Bijak, Bisa untuk Promosi!
Ilustrasi orang menggunakan media sosial (Pixabay.com/Foundry)

Di era digital seperti saat ini sudah banyak orang yang menggunakan media sosial sebagai media interaksi, media berekspresi, dan platform untuk memperoleh penghasilan. Namun, harus disadari bahwa dalam menggunakan media sosial juga perlu dilakukan dengan baik dan benar agar tidak merugikan diri sendiri ataupun orang lain.

Media sosial bisa digunakan sebagai bukti jejak digital penggunanya. Oleh karena itu, kita perlu memanfaatkannya dengan baik dan benar agar tidak salah dalam menggunakan media sosial sehingga dapat merusak reputasi kita.

Simak 4 cara memanfaatkan media sosial dengan baik dan benar berikut ini!

1. Pilah postingan dan bijak dalam berkomentar

Media sosial adalah tempat berbagi konten baik foto, video, tulisan, dan lain sebagainya yang bisa diakses atau dilihat oleh banyak orang. Oleh karena itu, kita perlu memilah konten yang baik untuk ditonton oleh banyak orang, sehingga nantinya tidak merugikan diri sendiri.

Selain itu, dalam menggunakan media sosial juga perlu berhati-hati dalam memberikan komentar di konten orang lain. Jangan sampai ucapan kita menyakiti hati orang tersebut dan lagi-lagi akan merugikan diri sendiri.

2. Follow akun sesuai hobi

Hobi adalah aktivitas yang sangat menyenangkan untuk dilakukan. Oleh karena itu, jangan sampai terlewat untuk mengikuti akun yang sesuai dengan hobi atau passion-mu agar tidak ketinggalan informasi seperti akan ada lomba, video tutorial, dan lain sebagainya. Selain itu, hal ini juga akan menambah motivasimu untuk serius menekuni bidang tersebut.

3. Mempromosikan barang dan jasa

Media sosial memiliki akses dan fasilitas yang sangat berguna terutama dalam hal bisnis. Kamu bisa menggunakannya sebagai media promosi untuk menawarkan barang daganganmu. Tidak hanya barang, kamu juga bisa menawarkan jasa di media sosial.

4. Mempromosikan diri

Media sosial juga bisa menunjukkan siapa diri kamu, loh! Kamu bisa menuliskan hobi dan menunjukkan bakatmu yang lain di media sosial tersebut. Hal ini juga bisa kamu gunakan sebagai portofolio. Dengan begitu, orang akan tahu kapasitasmu dan bisa digunakan untuk menambah relasi.

Nah, itu dia 4 cara memanfaatkan media sosial yang baik dan benar. Jangan sampai konten kita menyakiti hati orang lain, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak