facebook

8 Kebiasaan Kecil dapat Membuatmu Lebih Kuat dan Tangguh dalam Hidup

Winda L.
8 Kebiasaan Kecil dapat Membuatmu Lebih Kuat dan Tangguh dalam Hidup
Ilustrasi menikmati hidup (https://unsplash.com/@nandovish)

Tidak semua orang bisa menjadi pendengar yang baik. Tidak semua orang bisa menempatkan dirinya dengan baik. Bahkan ketika mencoba memperdengarkan masalah kita dengan berbagi kepada seseorang, tidak semua yang mereka perdengarkan ceritanya juga dapat membantu. Kesulitan kerap kali menghampiri kita. Namun, menyerah karena keadaan dan lingkungan yang kurang bisa menerima bukan pilihan yang baik.

Perlunya memulai kebiasaan kecil untuk memperbaiki diri

Daripada memikirkan seberapa kuat dan tangguhnya kita ketika menghadapi masalah, ada beberapa hal yang lebih baik kita lakukan daripada untuk overthinking. Fokus kepada diri untuk menyelesaikan masalah akan membuat kita menjadi lebih kuat dan tangguh tanpa kita sadari.

Hal tersebut dapat dimulai dengan memulai bahkan memperbaiki kebiasaan kecil yang dapat memberikan kepuasan batin secara langsung. Dengan latihan terus menerus, ini akan menjadi kebiasaan kecil yang dapat membuatmu lebih kuat kala diterpa masa-masa sulit.

Berikut adalah 9 kebiasaan kecil yang dapat kita lakukan agar kita lebih kuat dan tangguh.

1. Menikmati waktu saat ini

Tanpa kita duga, terkadang hal-hal baik akan datang secara tiba-tiba. Momen-momen saat melakukan dan merayakan sesuatu, dapat menjadi lembaran ingatan yang perlu kita simpan bahkan diabadikan pada sebuah potret, video dokumenter atau pun tulisan. Dengan itu, kita dapat mengingatnya sewaktu-waktu. Melakukan hal sekecil ini dengan menikmati waktu yang berjalan saat ini dapat membantumu untuk menjaga pikiran positifmu yang kemudian dapat berdampak pada emosi positifmu.

2. Fokus pada emosi yang positif

Semua emosi bersifat adaptif, artinya bahkan apa yang kita anggap sebagai emosi "negatif" memiliki peran positif dalam kehidupan kita. Namun, emosi yang kita anggap "positif" tentunya memiliki kekuatan khusus. Dengan memiliki emosi positif dapat membantu kita untuk memperluas pandangan saat melewati krisis yang sedang dihadapi, serta dapat membantu dalam mempertahankan hubungan sosial yang sedang kita jalin.

3. Melatih pernapasan

Nasihat ini berakar pada hal sains karena napas kita adalah cara tercepat untuk membawa sistem saraf kita dalam keadaan berelaksasi. Bernapas secara perlahan atau pun bernapas dalam-dalam dapat membantu oksigen mencapai lebih cepat sampai ke otak dan otot kita.

Ketika dipraktekkan dari waktu ke waktu, berlatih pernapasan dapat meningkatkan fleksibilitas kognitif dan psikologis. Bahkan, sebuah napas dalam-dalam dapat meremajakan dan memberi kita jeda agar dapat memilih pilihan yang lebih baik.

4. Bermain-mainlah sedikit

Bermain-main memang terkadang terlihat seperti memanjakan diri. Akan tetapi, segala hal yang kita jalani dalam hidup tidak semuanya harus selalu serius. Bermain-main sedikit dapat melatih dan mengistirahatkan otak kita sejenak dengan mengurangi rasa khawatir dan berlatih agar lebih kreatif dalam menyelesaikan segala permasalahan yang kita hadapi. Kita dapat bermain-main sedikit dengan bermain game teka-teki, trivia, bahkan melakukan kegiatan yang berkaitan untuk melatih kreatifitas.

5. Lawan pikiran negatif

Pikiran negatif tidak jarang membuatmu merasa rendah diri. Apalagi ketika masa-masa sulit menghampiri, tentu beban yang kita rasakan seperti bertambah. Untuk itu, cobalah lawan pikiran negatif tersebut. Beberapa dari kita mungkin berpikir salah satu untuk melawan pikiran negatif tersebut adalah dengan motivasi, namun berdasarkan salah satu penelitian salah satu cara untuk melawannya adalah kamu bisa meminta orang-orang di sekitarmu untuk memberikan saran dan kritik yang membangun.

6. Merehatkan otak

Mengambil jeda untuk tidak overthinking adalah salah satu cara yang efektif untuk memulihkan dari pikiran kalutmu. Salah satu cara termudah untuk melakukannya adalah dengan mengalihkan fokus kepada hal-hal yang benar-benar dapat kamu lihat, dengar, sentuh, dan rasakan. Selain itu, kamu bisa mengurangi aktifitasmu dan mengambil waktumu untuk tidak melakukan apa pun.

7. Makanlah saat lapar

Melakukan diet dan membatasi makanan berlebih dapat dapat mengurangi fungsi kerja otak. Tubuh kita membutuhkan energi atau glukosa untuk  kekuatan dan ketahanan tubuh. Untuk itu, jika diri kita merasa lapar, maka  dapat memicu pola pikir negatif yang dapat mengarah pada kemarahan dan emosi negatif lainnya. Untuk itu ketika sinyal nafsu makanmu muncul, segeralah isi perutmu dengan makanan.

8. Berlatih bersyukur

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa rasa syukur adalah praktik penting agar tetap kuat dan tangguh. Berdoa sebelum makan adalah cara mudah untuk mengamalkan rasa syukur ini. Hal ini karena dengan bersyukur dapat merelaksasi tubuhmu dan membantu pencernaan.

Kamu juga dapat meluangkan waktu setiap hari untuk merenungkan tiga hal yang paling kamu syukuri. Ketika kamu melakukannya di penghujung hari, hal ini memiliki efek tersendiri bagimu dengan membuatmu selalu dalam ruang positif yang santai dan berguna untuk memiliki tidur yang lebih baik.

Itulah 8 kebiasaan kecil yang dapat kamu terapkan di hidupmu agar kamu tetap kuat dan tangguh dalam menjalani hidup. Selamat mencoba!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak