facebook

Sering Bikin Stres, Inilah 5 Tips Ampuh untuk Mengatasi Negative Thinking

Zahrin Nur Azizah
Sering Bikin Stres, Inilah 5 Tips Ampuh untuk Mengatasi Negative Thinking
Ilustrasi Berpikiran Negatif (Pexels/SHVETS production)

Tanpa disadari dalam sehari-hari kita sering berpikiran negatif dalam berbagai hal. Tanpa alasan yang jelas pikiran negatif atau negative thinking tersebut terus menerus berada di dalam kepala. Semakin berusaha untuk dilupakan, malah semakin teringat. Dalam suatu kasus, negative thinking yang berlebihan bisa menyebabkan depresi, merasa tidak bahagia, atau yang lebih parahnya lagi bisa timbul keinginan untuk bunuh diri.

Negative thinking bisa datang dari pengelaman pahit yang pernah dialami. Bisa juga karena lingkungan dengan aura negatif, sehingga bisa menular ke dalam pikiran. Lalu, apa yang harus dilakukan dengan semua pikiran negatif ini? Untuk bisa memulai hidup yang lebih sehat dan bahagia, coba lima tips ini untuk mengatasi negative thinking yang sedang melanda.

1. Berdamai dengan Pikiran Negatif

Langkah pertama untuk mengatasi pikiran negatif adalah dengan mencari tahu lebih dalam penyebab munculnya pemikiran tersebut. Karena ada banyak hal yang menyebabkan munculnya pemikiran negatif yang tidak tahu asal muasalnya darimana dan seringkali memenuhi isi kepala. Nah setelah mengetahui penyebabnya, maka selanjutnya yaitu menghadapi pikiran negatif tersebut dan mencoba untuk berdamai dengannya. Karena semakin kamu ingin mengabaikan pikiran negatif tersebut, maka akan sulit juga untuk bisa mengatasi pikiran tersebut.

2. Masuk ke lingkungan orang-orang yang berpikiran positif

Tidak dapat dipungkiri bahwa lingkungan bisa memberikan banyak pengaruh terhadap diri kita. Termasuk diantaranya dengan siapa kita berteman. Jika lingkungan pertemanannya baik dan memiliki aura yang positif, maka secara tidak langsung perilaku dan pemikiran kita akan ikut menjadi baik juga. Begitu pula sebaliknya, jika orang-orang dan lingkungannya negatif, maka akan berpengaruh buruk juga pada kita. 

3. Curhat ke orang terdekat

Bercerita ke teman atau orang terdekat bisa menjadi solusi untuk mengatasi atau meredakan pikiran negatif kita. Dengan bercerita dan mengungkapkan segala kegelisahan dalam hati, kita telah mengatasi kemelut dalam kepala dan telah mengatasi segala pikiran negatif.

4. Coba dibawa santai

Ketika pikiran negatif datang, biasanya kita akan memikirkan kembali segala hal yang telah terjadi atau yang akan terjadi secara berlebihan. Cobalah untuk dibawa santai dan jangan terlalu dipikirkan. Semua hal yang dipikirkan dalam kepala masih bersifat abstrak atau bahkan bisa jadi itu semua hanyalah ilusi yang kita ciptakan sendiri. Karena itu cobalah untuk fokus dengan apa yang dikerjakan sekarang dan tidak mengkhawatirkan bagaimana hasilnya nanti.

5. Jangan mengharapkan semuanya berjalan dengan lancar dan sempurna

Tidak semua yang kita rencanakan dan harapkan bisa berjalan dengan lancar. Oleh karena itu jangan terlalu bergantung pada rencana yang telah kita buat. Terlalu memikirkan segala hal seringkali menimbulkan perasaan sedih dan membuat kita menjadi lupa akan makna dari kebahagiaan. Jadi, apapun rencana yang kita buat usahakan juga untuk bersiap-siap dengan segala kemungkinan terjadi termasuk diantaranya kegagalan.

Itulah lima tips ampuh untuk mengatasi negative thinking yang harus kamu coba. Setiap harinya kita selalu berhadapan dengan berbagai pikiran baik itu yang positif maupun negatif. Dengan mengatasi segala pikiran negatif, kita sudah mencoba untuk membuat diri sendiri bahagia yang juga berdampak pada kesehatan jiwa maupun raga.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak