facebook

5 Bentuk Sikap Menghargai Suami dalam Rumah Tangga

Mutami Matul Istiqomah
5 Bentuk Sikap Menghargai Suami dalam Rumah Tangga
Ilustrasi suami istri (Freepik.com/pressfoto)

Suami adalah pemimpin dalam rumah tangga. Meskipun kini, banyak sekali kemudahan untuk perempuan karena adanya kesetaraan, namun hakikatnya seorang suami tetap harus dimuliakan. 

Kesetaraan yang ada tidak boleh menjadi titik saling merendahkan, namun justru harus diambil sisi baiknya. Menghargai suami dalam rumah tangga merupakan salah satu hal yang membuat rumah tangga rukun dan bahagia. 

Lantas, bagaimana bentuk menghargai suami dalam rumah tangga?

1. Patuh 

Istri harus patuh dengan perintah suami asalkan hal tersebut tetap dalam lingkup kebaikan. Patuh kepada suami merupakan salah satu bentuk letak hormat dan menghargai. 

2. Melayani 

Melayani suami merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan. Ketika kita tidak bersedia melayani suami lahir maupun batin tanpa adanya sebuah alasan yang jelas, itu tandanya kita sudah tidak lagi menghargai suami. 

3. Mendukung

Mendukung suami entah itu dalam hal pekerjaan maupun hal yang sedang ditekuni merupakan salah satu bentuk sikap menghargai suami.

Hakikatnya istri memang ada sebagai pelengkap. Ketika suami memulai sesuatu atau membutuhkan bantuan dukungan, maka istri adalah orang pertama yang seharusnya ada. 

4. Melibatkan 

Membuat suami terlibat dalam banyak hal yang kita lakukan adalah salah satu perwujudan sikap menghargainya. Entah itu dengan mengajak maupun sekadar meminta izin, keterlibatan suami sangat berpengaruh dan membuat suami merasa dihargai. 

5. Menepati janji 

Ketika kita memberikan sebuah janji kepada suami, maka kita harus menepatinya. Selain hal tersebut adalah keharusan, namun ingkar kepada suami juga akan membuatnya merasa direndahkan. Maka dari itu, sangat penting untuk menepati janji kepada siapa pun. 

Itu dia 5 bentuk menghargai suami dalam hubungan rumah tangga. Sejatinya beberapa hal di atas memang lebih baik untuk dilakukan.

Pasalnya, menghargai suami bisa membuat hubungan rumah tangga menjadi semakin merekat dan saling menghargai adalah sebuah kewajiban pula untuk saling menghargai dalam rumah tangga.

Oleh karena itu, tidak hanya istri saja yang berkewajiban untuk menghargai suami, namun suami juga harus bisa menghargai istrinya. Saling tersebut adalah kunci dari bahagia. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak