facebook

3 Tips Memperbaiki Bad Mood

Dia Permata Sari
3 Tips Memperbaiki Bad Mood
Ilustrasi Mood (freepik)

Dalam menjalani kehidupan pastinya banyak hal-hal yang tak terduga terjadi pada diri kita, kadang ada hal buruk dan hal baik yang bisa mempengaruhi mood diri kita sendiri. Saat Mood sedang turun kita akan merasakan berkurangnya semangat untuk melakukan sesuatu, akibatnya kegiatan yang kita lakukan akan menjadi kurang maksimal. Hal itu juga akan mempengaruhi kesehatan kita.

Memiliki mood yang baik membuat diri kita menjadi bugar dan sehat. banyak hal yang bisa kita lakukan saat kita berada di titik lelah dan merasa bad mood, kamu bisa melakukan beberapa hal agar membuat mood kamu berubah menjadi baik dan merasakan suasana hati yang sejuk.

Berikut 3 tips memperbaiki mood kamu yang sedang berantakan:

1. Memakan Coklat Hitam 

Memakan coklat tentunya banyak digemari oleh banyak orang, rasanya yang manis mampu memberikan peningkatan suasana hati karena mampu meningkatkan horman dan mengurangi stres.

Hal itu disebabkan karena turunnya hormon kortisol yang menyebabkan tubuh saat stres, manfaatnya memakan coklat lainnya bisa merangsang otak kita untuk melepaskan hormon serotonin dan endofrin yang bisa mengubah suasana hati kita menjadi bahagia.

Coklat hitam sendiri memiliki aroma dan rasa yang cukup berbeda jika dibandingkan dengan coklat susu. Biasanya orang-orang dewasa lebih menyukai coklat hitam, kandungan dalam coklat hitam sendiri memiliki flavonoid yang lebih tinggi dan gula yang terkandung lebih rendah, selain itu karena 70% terbuat dari kakao.

Namun, kamu tetap harus membatasi konsumsi coklat secara berlebihan ya, karena coklat juga memiliki kadar kalori yang tinggi sehingga tidak disarankan untuk konsumsi berlebihan.

2. Mewarnai Coloring Book atau Melukis

Beberapa tahun terakhir Adult Coloring Book sudah sangat tren dimasyarakat, tidak hanya itu tren ini juga mulai berkembang. Sekarang juga hadir beberapa paket melukis yang sudah lengkap dengan Canvas yang sudah memiliki gambar serta 1 setalat melukis.

Menurut psikolog klinis Ben Michaelis, mewarnai adalah aktivitas yang dapat membebaskan stres yang merelaksasi amygdala yang merespon lebih ringan saat stres, pusat ketakutan pada otak dan membuat pikiran untuk beristirahat sejenak. 

Saat kita mewarnai Coloring Book atau Melukis, kita akan menjadi lebih rileks dan membuat kita fokus. Kita juga bebas untuk memberikan warna apa saja yang kita sukai, hal itu membuat diri kita menjadi lebih kreatif yang bermanfaat pada kemampuan motorik dan visual yang akan tergambarkan, hal itu mampu membuat imajinasi kalian keluar dan membuat hidup kalian tidak merasa menoton.

3. Jalan-Jalan 

Jika kamu merasa sedang bosan atau suntuk karena kegiatan yang dilakukan, entah itu berkerja ataupun sedang pekerjaan sekolah atau kuliah Kamu bisa meluangkan waktu sebentar untuk jalan-jalan, hal ini juga agar membuat diri kamu lebih rileks dan melihat lingkungan serta menghirup udara segar. Jika kamu pergi kedaerah pantai atau sekedar melihat air mancur kamu akan merasakan suasana yang tenang saat melihat air yang mengalir. 

Jika kamu merasa sangat hampa jika jalan-jalan sendiri, ajaklah teman baikmu untuk pergi bersama. memiliki teman bercerita juga sangat membantu membebaskan kita dari stres dan mood yang tidak stabil, kalian bisa saling mendukung satu sama lain dan berenang-senang bersama.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak