facebook

Membangun 5 Kebiasaan untuk Tidur Berkualitas

Dini Hariyani
Membangun 5 Kebiasaan untuk Tidur Berkualitas
Ilustrasi orang tidur. (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tidur merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Namun, membangun kebiasaan tidur yang sehat jauh lebih penting untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Tidur yang sehat akan membantu kesehatan mental dan fisik.

Berikut ini beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas tidur dirangkum dari healthine.

1. Jadwal tidur yang konsisten

Cobalah untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya. Hal ini akan memperkuat siklus tidur tubuh kita. Namun, harus tetap diingat untuk tidur selama 7 hingga 8 jam setiap malamnya. Waktu tersebut merupakan durasi ideal untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

2. Rutinitas ringan

Buat rutinitas sederhana sebelum tidur. Rutinitas ini akan membuat kita tidur lebih nyaman dan berkualitas. Kita bisa mencoba peregangan ringan untuk membantu otot rileks dan melepaskan ketegangan. Selain itu bisa dengan meluangkan beberapa menit bermeditasi untuk membantu menenangkan tubuh dan pikiran. Kemudian bisa juga dengan membaca buku tetapi lebih baik bukan buku elektronik.

3. Matikan perangkat elektronik

Perangkat elektronik seperti ponsel memancarkan cahaya biru yang dapat mengurangi kadar melatonin dalam tubuh. Melatonin itu sendiri adalah bahan kimia yang mengontrol siklus tidur dan bangun kita. Ketika kadar melatonin turun maka akan membuat kita lebih sulit untuk tidur.

4. Olahraga teratur

Sedikitnya 30 menit latihan aerobik dapat meningkatkan kualitas tidur dan menjaga kesehatan secara keseluruhan. Selain itu kita juga bisa melakukan olahraga apapun yang kita sukai untuk membantu meningkatkan kualitas tidur. Namun, hindari olahraga satu atau dua jam sebelum tidur karena dapat meningkatkan tingkat energi dan suhu tubuh yang akan membuat kita lebih sulit untuk tertidur.

5. Batasi kafein

Efek kafein dapat bertahan 3 sampai 7 jam setelah dikonsumsi. Oleh karena itu hindari makanan atau minuman yang mengandung kafein di sore hari atau menjelang waktu tidur.

Itulah 5 kebiasaan  yang dapat dibangun untuk meningkatkan kualitas tidur. Adakah salah satu dari kebiasaan di atas yang sudah kalian terapkan?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak