facebook

5 Tips agar Tetap Tegar seskipun Sering Gagal, Jangan Menyerah!

Diat Anugrah
5 Tips agar Tetap Tegar seskipun Sering Gagal, Jangan Menyerah!
Ilustrasi lelaki sedang berjuang (pexels.com/tim-bouw)

Hidup ini adalah perjuangan yang harus kita lalui. Kita akan melalui berbagai macam proses kehidupan mulai dari senang hingga susah. Meskipun susah, kita harus tetap berjuang menjalani hidup agar bisa mencapai kondisi yang lebih baik.

Dalam hidup, kita dianjurkan untuk memiliki impian atau cita-cita. Impian tersebut kemudian menjadi tujuan hidup yang harus kita perjuangkan semaksimal mungkin. Meskipun terkadang, kita akan menemui kegagalan dalam usaha meraih impian tersebut.

Meskipun sering mengalami kegagalan, kita harus tetap tegar. Karena apabila kita menyerah, kita tidak akan mendapat apa yang kita impikan. Kita hanya akan berhenti pada kegagalan tersebut.

Berikut ini adalah 5 cara yang bisa dilakukan agar tetap tegar meskipun selalu mengalami kegagalan.

1. Luapkan Emosi dengan Baik

Ketika mengalami kegagalan, wajar jika kita merasa sedih, marah, kecewa, atau perasaan tidak menyenangkan lainnya. Kita tidak perlu menimbun perasaan atau emosi tersebut. Luapkan saja apa yang kita rasakan, asalkan diluapkan dengan baik.

Jangan malu untuk menangis, hal tersebut justru bisa membuat perasaan kita menjadi lebih lega. Dengan demikian, kita bisa merasa lebih baik.

2. Terima Keadaan Dengan Lapang Dada

Ketika mengalami kegagalan, terimalah keadaan tersebut dengan lapang dada. Jangan mengungkit-ungkit dengan menyalahkan orang lain atau keadaan. Hal tersebut tidak akan merubah keadaan.

Dengan menerima dengan lapang dada dan ikhlas, kita menjadi lebih lega dan tidak lagi terbebani dengan kegagalan tersebut. Yakinlah bahwa kegagalan tersebut adalah bagian dari proses mencapai keberhasilan.

3. Buat Rencana Baru

Jangan pernah menyerah dan berhenti pada kegagalan yang kita alami. Cobalah melakukan evaluasi diri mengapa kita bisa mengalami kegagalan tersebut. Setelah itu, buat rencana baru untuk mencapai keberhasilan yang kita impikan. Jangan selalu merenungi kegagalan namun harus siap melanjutkan perjuangan.

4. Berikan Apresiasi untuk Diri Sendiri

Kita mungkin belum berhasil meraih hal yang kita inginkan. Namun diri kita tetap patut kita beri apresiasi atas kerja keras yang sudah kita lakukan. Dengan memberi apresiasi diri, kita menjadi lebih mencintai diri kita dan menghargai perjuangan yang sudah kita lakukan. Tidak hanya peduli kepada hasil akhir, namun juga proses yang sudah dilalui.

5. Jangan Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Setiap orang memiliki proses san perjalanan hidup yang berbeda. Jangan bandingkan diri kita dengan orang lain. Hal tersebut hanya akan membuat kita menjadi sakit hati dan lebih terpuruk. Lebih baik fokus pada diri sendiri dan berjuang meraih keberhasilan.

Demikian 5 tips untuk tetap tegar meskipun selalu mengalami kegagalan. Tetap semangat dan jangan pernah menyerah.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak