facebook

5 Tips agar Kamu Tak Lagi Merasa Kesepian, Jangan Turuti Keinginan Mager!

Latifah ..
5 Tips agar Kamu Tak Lagi Merasa Kesepian, Jangan Turuti Keinginan Mager!
Ilustrasi wanita sedih (pixabay/chuotanhls)

Di antara masalah emosional yang sering dialami oleh orang dewasa, adalah kesepian. Kesepian ini bisa dialami siapa pun, bahkan yang sudah punya pasangan atau memiliki pertemanan yang luas.

Rasa kesepian jika dibiarkan terus-menerus lama-lama bisa mengarah pada depresi. Itulah sebabnya perasaan kesepian jangan diremehkan, ya.

Ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan ketika merasa kesepian. Apa saja itu? Mari simak ulasannya lebih lanjut, ya!

1. Buat dirimu sibuk

Umumnya kesepian disebabkan ada waktu cukup lapang dan gak diisi dengan kegiatan apa pun. Akhirnya, pikiran jadi ke mana-mana, dan biasanya pikiran yang mampir adalah jenis pikiran-pikiran buruk. Ini, yang menjadi sumber masalah kenapa kesepian sering mendorong orang jadi stres dan depresi.

Overthinking bisa sangat berbahaya bagi kesehatan mental, lho. Pemikiran buruk yang belum tentu terjadi, dan cuma khayalan saja bisa dirasakan seakan-akan kenyataan apabila sering overthinking.

Makanya, salah satu cara agar pikiranmu gak ke mana-mana, adalah isi waktu luang dengan kesibukan. Kalau punya hobi, lakukan minatmu.

2. Jangan turuti keinginan mager

Orang yang kesepian biasanya malas melakukan apa pun dan bertemu siapa pun. Nah, untuk melawan rasa kesepian, keinginan ini jangan dituruti, karena akan semakin memperburuk perasaan negatif yang sedang dialami.

Cobalah lakukan hal menyenangkan, misalnya ke luar menikmati pemandangan. Bisa sendirian atau mengajak teman-teman. Aktivitas ini nantinya bisa memperbaiki mood kamu, lho.

3. Mendengarkan musik riang

Kalau lagi kesepian, atau suasana hati sedang gak bagus, sebaiknya hindari musik-musik galau. Bisa-bisa kamu hati dan pikiranmu malah tertekan.

Coba ganti dengan musik riang. Bila perlu dengarkan sambil jingkrak-jingkrak atau menari. Yang penting badan gerak. Badan yang aktif bisa mengatasi suasana hati yang negatif, lho.

4. Mandi air hangat

Hal lain yang dapat kamu lakukan saat kesepian, adalah mandi air hangat. Ini cukup efektif untuk membuat badan dan pikiran jadi rileks, lho.

5. Dekatkan diri pada Tuhan

Nah, cara ini jangan diabaikan. Justru bisa jadi hal terampuh untuk mengusir kesepian, terutama jika kesepianmu disebabkan sedang hadapi masalah berat. Dengan berserah diri pada Tuhan, hatimu jadi tenang. Kalau Tuhan sudah berkehendak menghilangkan masalahmu, maka hal itu akan sangat mudah. Jadi, yakin saja, ya!

Semoga tips-tips tadi bisa membantumu mengatasi kesepian yang sedang dialami, ya. Selamat mencoba!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak