facebook

5 Risiko Suka Bermain Media Sosial, Merasakannya Juga?

Mutami Matul Istiqomah
5 Risiko Suka Bermain Media Sosial, Merasakannya Juga?
Ilustrasi seseorang bermain media sosial (Freepik.com/wayhomestudio)

Kini, media sosial menjadi teman bagi seluruh kalangan. Kehadirannya tidak sekadar dihargai, tapi seolah sudah menjadi kebutuhan. Memang, ragam infomasi bisa ditemukan hanya dengan sentuhan jari.

Berita yang simpang siur dari semua kalangan bisa dipahami dengan sekadar menggeser-geser layar gawai. Hal tersebut membuat kita tidak ketinggalan cerita dengan tetangga dan teman-teman. 

Namun, bermain media sosial juga tidak lepas dari risiko yang ditimbulkan. Apa saja risiko tersebut?

1. Banyak waktu terbuang

Ketika sudah menatap layar gawai dan membuka media sosial, dua hingga tiga jam terlewatkan tanpa terasa. Banyak waktu terbuang dengan sia-sia hanya sekadar untuk melihat gambar-gambar artis yang berseliweran, atau menikmati video-video lucu yang mengundang tawa.

Terhibur memang, tapi banyak waktu yang terkuras sekadar untuk menatap layar dan rebahan saja. Tidak menghasilkan apa-apa.

2. Banyak menguras paket data 

Semakin banyak aplikasi media sosial yang di akses, semakin banyak paket data yang terkuras. Hal tersebut memang menjadi salah satu bentuk menyenangkan diri sendiri, tapi juga merupakan salah satu cara membuat pengeluaran semakin membengkak. 

3. Asing dengan dunia nyata

Saking seringnya berinteraksi dengan teman-teman di media sosial, sering kali membuat seseorang merasa asing dengan dunia nyata yang dimilikinya.

Apalagi kini, dari belanja pakaian, bulanan, sampai makanan sudah di dukung secara online, hal tersebut juga membuat interaksi dengan lingkungan sekitar menjadi sangat kurang dan membuat seseorang semakin merasa asing.

4. Sering terprovokasi 

Menjadi pengguna media sosial juga membuat kita seolah sangat mudah terprovokasi oleh orang lain. Mulai dari membeli sesuatu, mengikuti trend sesuatu, sampai beropini kepada suatu hal yang terjadi.

Semua itu seolah menarik kita dengan sangat kuat dan membuat kita tidak bisa menghindarinya. Pengaruh orang lain seolah sangat terasa dan membuat kita mudah terbawa arus apa saja yang ada. 

5. Memicu kecemasan 

Orang yang sudah terbiasa terakses dengan media sosial, akan mengalami kecemasan ketika tidak bisa mengaksesnya. Misalnya ketika tiba-tiba internet mati, paket data habis, atau berada di tempat yang minim sinyal, akan membuat kita merasa cemas yang berlebihan karena tidak bisa mengakses media sosial.

Itu dia 5 risiko bermain media sosial. Apakah kamu merasakannya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak