facebook

5 Pertanyaan yang Harus Kamu Jawab sebelum Menyerah dengan Bisnismu

Hafsah Azzahra
5 Pertanyaan yang Harus Kamu Jawab sebelum Menyerah dengan Bisnismu
Ilustrasi belanja (Pexels/Suzy Hazelwood)

Jualan sepi memang membuat para pebisnis lesu dan sedih. Terlebih saat melihat stok yang menumpuk dan omzet yang tidak kunjung bertambah sesuai harapan. Bagi pemula, mungkin pernah terbersit untuk menyerah dan menganggap bisnis sebagai sesuatu yang sulit.

Namun, tahukah kamu bahwa ada beberapa pertanyaan yang harus kamu jawab sebelum menyerah dari bisnismu. Apa sajakah itu? Simak melalui uraian berikut ini, ya!

1. Sudahkan Membayangkan Ada di Posisi Pembeli?

Dengan membayangkan ada di posisi pembeli, kita akan lebih mudah mengetahui selera konsumen. Ingat, kita menjual apa yang dibutuhkan dan diinginkan pembeli, bukan apa yang diinginkan dan dibutuhkan penjual.

Kira-kira, apa yang buat kamu mau beli barang di toko A dan bukan di toko B? Apa yang harus ada dari sebuah toko sampai kamu mau beli barang di situ? Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini akan memudahkanmu untuk meningkatkan kualitas tokomu.

2. Bagaimana Produknya?

Pertanyaan selanjutnya adalah, apakah produk yang ditawarkan sudah mempermudah hidup saya? Apakah produk itu memberi solusi buat masalah saya?

Karena konsumen pada dasarnya membeli sebuah barang karena ingin menyelesaikan masalah dalam hidupnya. Sebagai contoh, jika seseorang merasa lelah untuk menghaluskan bumbu dapur, maka ia akan memutuskan untuk membeli blender atau copper.

3. Bagaimana Tampilan Tokonya?

Selanjutnya yang tak kalah penting adalah penampilan toko. Karena ketika sudah tertarik dengan visual suatu toko atau produk, maka calon pembeli akan lebih berpeluang untuk membeli produkmu.

Selain itu, calon pembeli akan merasakan perbedaan di tokomu dengan toko lainnya. Mereka pun akan betah berlama-lama di tokomu.

4. Apakah Respon Penjualnya Cepat?

Ketika kamu memilih untuk berjualan secara online, respon penjual yang cepat menentukan produkmu untuk cepat laku. Terlebih ketika pembeli sedang terburu-buru dan membutuhkan barang tersebut dalam waktu cepat. Sehingga, ketika, kamu terlambat merespon, mereka akan cenderung memilih toko lain yang memberi respon lebih cepat. Selain itu, penjelasan mengenai produk yang mudah dipahami juga menentukan produkmu cepat laku.

5. Bagaimana Pengirimannya?

Poin terakhir adalah pengiriman. Poin ini berlaku jika kamu memilih usaha online atau usaha yang memberikan fasilitas kurir untuk mengirim produk jarak dekat.

Pengiriman yang cepat dan packing yang aman, tentu menjadi salah satu syarat penting yang dipertimbangkan oleh pembeli.

Jangan sampai kamu memiliki kualitas packing dan pengiriman yang buruk. Sehingga, pembeli banyak mengajukan komplain karena banyaknya barang yang cacat ataupun tertukar. Hal ini tentu akan merugikanmu karena tingginya return.

Ketika hal ini terjadi, kamu harus cepat menangani agar kepercayaan pembeli tidak hilang. Ingat, hal terpenting dari sebuah bisnis adalah kepercayaan dan cerita dari mulut ke mulut. Sehingga, mempertahankan citra amanah dan bertanggung jawab harus dilakukan.

Demikian 5 pertanyaan yang harus kamu jawab sebelum menyerah dari bisnismu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak